KARANTINA

Pelindo III Lakukan Vaksin Flu Bagi Pegawai Cegah Covid-19


Mimbar Maritim – Surabaya

Penyebaran wabah Covid-19 atau Virus Corona yang semakin masif membuat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melakukan berbagai upaya preventif dalam dalam rangka mencegah peyebaran virus tersebut, mulai dari menyiapkan hand sanitizer, penyemprotran disinfektan, hingga bersih-bersih area perkantoran dan pelabuhan.

Sebagai upaya menangkal virus tersebut Pelindo III juga memberikan vaksin influenza dan wedang uwuh gratis setiap pagi bagi pegawainya. Dengan pemberian vaksin influenza, gejala klinis yang mirip antara virus influenza dan Covid-19, dapat dipilahkan sehingga membantu para pegawai mengenali kondisi fisiknya.

Bertempat di kantor pusat Pelindo III dan semua kantor di tujuh provinsi wilayah pengelolaannya, Selasa (17/10/2020), sebanyak 2.000 orang pegawai Pelindo III mengikuti vaksinasi influenza gratis. Sebelum melakukan vaksin, terlebih dahulu satu per satu pegawai diperiksa kesehatan dasarnya, mulai daru suhu badan hingga riwayat penyakit lainnya. Apabila tidak ditemukan tanda-tanda atau gejala sedang sakit, para pegawai pun bisa langsung melakukan vaksinasi influenza.

Menurut dr.Vien Anggarani Prasetyana, dokter dari Rumah Sakit PHC yang ditunjuk sebagai tenaga medis dalam kegiatan vaksinasi influenza di PT Pelindo III. Jika memang belum ditemukan obat ataupun vaksin yang bisa mencegah atau mengobati Covid-19, upaya terbaik adalah menghindari potensi tertular dengan rajin mencuci tangan, menjahui keramaian, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Vaksinasi ini memang bukan untuk mencegah atau bahkan mengobati Covid-19, karena memang belum ada obatnya secara medis. Namun vaksin influenza ini kita gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diri kita dari virus flu yang gejalanya mirip seperti corona atau Covid-19. Selain itu, meminum minuman sehat seperti wedang uwuh juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari Covid-19,” ujar dr.Vien.

Sementara, Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto memperkuat pernyataan dr.Vien mengatakan bahwa Pelindo III saat ini berfokus pada langkah preventif. Salah satunya adalah dengan memastikan seluruh pegawai dalam kondisi fit sebelum beraktivitas, di antaranya dengan vaksin flu gratis hingga menyiapkan minuman herbal seperti wedang uwuh di setiap kantor di lingkungan kerja PT Pelindo III.

“PT Pelindo III dari awal merebaknya virus Covid-19 sangat concern terhadap kejadian ini. Oleh karena itu, Perusahaan menginstruksikan kepada seluruh wilayah kerja Pelindo III dan para pegawainya untuk melakukan pencegahan. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh, selain membersihkan area kerja,” ujar Toto.

Sebelumnya PT Pelindo III sudah melakukan berbagai langkah preventif dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja. Dengan membentuk tim khusus yang nantinya akan menyiapkan prosedur atau protokol langkah-langkah pencegahan hingga penanganan suspect Covid-19 di area kerja.

Hingga saat ini semua aktivitas kerja di PT Pelindo III masih berjalan normal seperti biasa dan semua kegiatan yang dilakukan juga mengacu pada protokol pencegahan penyebaran covid 19 sebelum  dan saat bekerja di kantor.

Bahkan untuk para pekerja di lapangan terlebih pelayanan di terminal penumpang kapal laut yang bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan. (Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s