Dukung Kelancaran Tugas Pokok, TNI AL Berkomitmen Siapkan Sapras

Mimbarmaritim.com – Lampung

Jalesveva Jayamahe, Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pokok, TNI Angkatan Laut (TNI AL) berkomitmen untuk menyiapkan sarana dan prasarana pangkalan dimana selain mengemban tugas-tugas yang telah ditetapkan, juga sekaligus menjadi representasi dan etalase TNI AL di daerah.

Hal tersebut diwujudkan dengan penambahan fasilitas berupa Gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lampung Caligi yang berlokasi di Jalan Raya Teluk Ratai, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran dan diresmikan secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam kunjungan kerjanya ke Lampung, Selasa (8/3/2022)..

Kasal mengatakan bahwa fasilitas ini merupakan aset yang dibangun dengan uang rakyat sehingga menjadi tanggung jawab para prajurit untuk menjaga, merawat dan mengelola agar tujuan pembangunan gedung Mako Lanal ini dapat terwujud sesuai yang diharapkan. Tampilan pangkalan yang salah satunya dalam wujud tampilan gedung perkantoran harus mencerminkan kebanggaan, kewibawaan, kehormatan dan profesionalisme TNI AL secara umum.

“Yang lebih penting, manfaatnya harus kembali dan dirasakan oleh rakyat melalui dharma bakti nyata Lanal Lampung kepada masyarakat sekitar. Dimanapun berada, kita harus bermanfaat sebesar-besarnya bagi rakyat sekitarnya,” tegas Kasal.

Gedung Mako Lanal Lampung Caligi berlantai dua ini berdiri dilahan seluas 192 hektar dengan luas bangunan 990 meter. Pembangunannya dikerjakan oleh PT. Wiratama Inti Nusantara selama lebih kurang 6 bulan. Sebelumnya Gedung ini telah diserah terimakan dari Kadisfaslanal Laksma TNI Agus Santoso, kepada Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi pada hari Rabu (22/12/2021) yang lalu.

Peresmian gedung Mako ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita selanjutnya dilaksanakan tour facility oleh Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Irjenal Laksda TNI Sunaryo, Asrena Kasal Laksda TNI Abdul Rasyid K, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, Askomlek Kasal Laksda TNI ING Sudihartawan, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Pangkolinlamil Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, Keinkopal Laksda TNI Joko Sutrisno serta Koorsmin Kasal Kolonel laut (P) Heri Triwibowo dan Forkopimda Provinsi Lampung.

Sebelum meninggalkan mako Lanal Lampung, Kasal berkesempatan melaksanakan tatap muka dengan seluruh personel Lanal. Kegiatan ini berlangsung dengan penuh keakraban dan canda tawa. Kasal dikenal sebagai pemimpin yg sangat begitu dekat dengan para prajuritnya. Dalam kesempatan tersebut Kasal berpesan agar personel Lanal terus mengembangkan diri. Kasal juga berjanji untuk terus melengkapi sarana prasarana penunjang di Lanal Lampung.

Rangkaian Kunker Kasal di Lampung masih berlanjut dengan mengunjungi Brigif 4 Mar/BS yang di Komandani Kolonel Mar Hary Indarto, dengan kegiatan peninjauan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jalasenastri, menyaksikan atraksi ketangkasan Prajurit Brigif 4 Mar/BS, peninjauan rumah dinas Brigif 4 Mar/BS serta melaksanakan penanaman padi di Yonif 9 Mar yang nanti akan diakhiri dengan delivery Kapal AT 6 KRI Teluk Palu 523 yang akan dilaksanakan Rabu (9/3/2022) besok.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s