Tingkatkan Sikap Disiplin Prajurit Kolinlamil Laksanakan Latihan P5T

Mimbarmaritim.com Jakarta

Dalam tradisi TNI Angkatan Laut dikenal istilah Trisila TNI AL yang meliputi disiplin, hierarki dan kehormatan militer. Trisila TNI AL menjadi sikap yang harus selalu melekat pada diri setiap prajurit TNI AL. Dalam rangka meningkatkan sikap disiplin prajurit, Komando Lintas Laut Militer melaksanakan latihan P5T yang berlangsung di lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (27/1/2022).

Latihan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti prajurit Mako Kolinlamil dalam rangka program kerja Detasemen Markas Kolinlamil Triwulan I tahun 2022. Materi latihan P5T meliputi Peraturan Baris Berbaris (PPM), Peraturan Disiplin Tentara (PDT) Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnisun (PDG) dan Tata Upacara Militer TNI (TUM TNI).

Komandan Denmako Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar menyampaikan bahwa P5T merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dalam dinas militer sehingga setiap prajurit Kolinlamil diharuskan untuk melaksanakan setiap kegiatan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan TNI/TNI AL.

Dandenmako Kolinlamil menambahkan latihan P5T merupakan bagian dari latihan rutin setiap Triwulan yang dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan prajurit guna mendukung tugas yang diembannya.

“Latihan P5T yang melibatkan prajurit Mako Kolinlamil dalam jumlah yang cukup banyak dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19,“ ujar Dandenmako mengingatkan.

Kegiatan yang dipimpin langsung Perwira Staf Operasi Denmako Mayor Laut (P) Darsono ini melaksanakan latihan baris berbaris baik dengan gerakan di tempat, gerakan berpindah dan latihan defile pasukan. Seluruh prajurit Mako Kolinlamil yang terlibat tampak dengan semangat melakukan gerakan-gerakan sesuai aba-aba yang diberikan.

Latihan peraturan baris-berbaris ini sangat efektif dalam meningkatkan kembali sikap disiplin dan tanggung jawab prajurit. Disamping juga untuk menumbuhkan kebersamaan dan jiwa korsa, kekompakan serta melatih soliditas antar prajurit Mako Kolinlamil.(Red-MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s