Keluarga Besar Kolinlamil Dapat Vaksin Booster, Ketahanan Tubuh Meningkat

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah dalam rangka memutus penyebaran mata rantai COVID-19 di Indonesia. Terlebih lagi dengan munculnya varian baru, Omicron yang kasusnya telah ditemukan di sejumlah kota di Indonesia. Khusus di Ibu Kota Jakarta pasien yang terpapar varian Omicron terus meningkat secara signifikan, hal tersebut segera diantisipasi TNI Angkatan Laut dari jajaran Komando Lintas Laut Militer dengan menggelar vaksin dosis booster kepada seluruh keluarga besar Kolinlamil di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (27/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil, Letkol Laut (K) Slamet Rahardja yang berada di lokasi vaksinasi mengatakan bahwa serbuan vaksinasi dosis booster di lingkungan Kolinlamil diperuntukkan bagi keluarga besar Kolinlamil yang telah memenuhi syarat, yaitu sudah melewati 6 bulan dari vaksinasi dosis kedua dan dalam keadaan sehat. Kegiatan tidak hanya di laksanakan di Mako Kolinlamil saja, namun serentak di Balai Pengobatan Satlinlamil 2 Surabaya.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengatakan, pelaksanaan program vaksin dosis booster ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti penekanan dan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk melindungi prajurit TNI AL dan keluarganya dari penyebaran Covid-19 dan varian-varian barunya. Untuk keluarga besar Kolinlamil kali ini vaksin dosis booster menggunakan vaksin Pfizer.

Vaksin dosis booster merupakan dosis vaksin yang diberikan pada seseorang yang memiliki perlindungan cukup setelah vaksinasi, tetapi kemudian menurun setelah jangka waktu tertentu. Vaksin booster berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya.

Pelaksanaan vaksin dosis booster secara nasional digelar sejak pertengahan bulan Januari 2022. Para penerima vaksin dosis booster telah berusia 18 tahun ke atas dan telah divaksin dosis lengkap lebih dari enam bulan terakhir. Vaksinasi tahap ketiga atau booster akan terus dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia mampu mencapai kekebalan komunitas (herd immunity). (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s