LOGISTIK

Pemerintah Menunjuk Pengelola Patimban, Pertimbangan Mendalam Dan Strategis

Harijanto Direktur Eksekutif Himpunan Masyarakat Peduli Maritim

Mimbar Maritim – Jakarta

Tidak ada yang perlu dipersalahkan mengenai penunjukkan Pemerintah kepada Pihak Swasta dalam pengelolaan Pelabuhan Patimban. Pemerintah pastinya sudah mempunyai pertimbangan yang mendalam dan strategis dalam penunjukkan tersebut.

Dan bagi masyarakat baik itu pelaku bisnis dan pengguna jasa kepelabuhanan tidak mempermasalahkan siapa pengelola Pelabuhan Patimban. Yang terpenting bagi masyarakat adalah pengelolaannya lebih profesional yaitu pelayanannya lebih cepat, aman dan lebih murah. 

Seperti pernyataan yang telah disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dikutip di salah satu media CNN medio (24/06/2019).

“Sudah jelas swasta murni, tidak ada Pelindo dan BUMN. Ini biar bersaing nanti antara Priok dan Patimban, biar ketahuan mana yang tidak efisien,” ungkap Luhut. 

Pernyataan tersebut mengandung makna “challenge” bagi Pelabuhan Tanjung Priok untuk menjawab dan mengimplementasikannya. Dan untuk Pelabuhan Tanjung Priok jangan memaknai hal ini sebagai tendensi kepada pihak tertentu dan apriori akan keputusan Pemerintah apalagi dipolitisasi.

Sekarang yang terbaik bagi Pelabuhan Tanjung Priok adalah menjawab dan membuktikan tantangan tersebut bahwa Pelabuhan Tanjung Priok lebih efisien dan kompetitif.

Karena perusahaan yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap regulasi pemerintah dan regulasi pasar yang sifatnya dinamis. Perusahaan yang tangguh selalu adaptif terhadap perubahan dan selalu siap menghadapi tantangan walau tantangan yang datang semakin berat didepan matanya.

Bagi perusahaan sejati, kesulitan justru menjadi cambuk yang memacu semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin berkembang dan maju. 

Persaingan Global merupakan suatu tahapan perkembangan fenomena transpormasi yang mau tak mau harus dilalui dalam perjalanan dunia usaha. Yang terpenting adalah, bagaimana menyikapi dan mempersiapkan diri menyongsong datangnya fenomena tersebut.

Didalam mencermati dan menyikapi menghadapi persaingan pasar global tersebut, semakin maksimal usaha yang dilakukan, maka semakin besar pula daya saing yang akan dihadapi. 

Dengan keadaan tersebut, terdapat dua kemungkinan yang akan dialami oleh suatu perusahaan, yaitu menjadi perusahaan yang terpapar atau menjadi perusahaan yang akan semakin maju dan berkembang. 

Dengan persaingan tersebut, maka suatu perusahaan membutuhkan sebuah strategi yang dapat menyongsong kemajuan perusahaan. Karena perusahaan yang tidak memiliki kesiapan strategi dan mampu bersaing dalam menghadapi pasar global tersebut, akan terpapar, tergerus dan terpinggirkan.

Strategi yang dapat dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar global dan tantangan dari pemerintah tersebut.
Pelabuhan Tanjung Priok harus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, penerapan tarif yang lebih kompetitif, pemasaran yang lebih masif, networking yang lebih luas dan strategi strategi lainnya yang lebih mendukung dalam menjawab tantangan (challenge) dari pemerintah dan pasar global.

Penulis : Harijanto (Direktur Eksekutif Himpunan Masyarakat Peduli Maritim)

Kategori:LOGISTIK, MARITIM, PELABUHAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s