Tambah Skill, Prajurit Kolinlamil Ikuti Pelatihan Kesehatan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Dalam rangka menambah pengetahuan dan kemampuan dalam bidang kesehatan guna pembangunan sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan tangguh sesuai program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.

Dinas Kesehatan Kolinlamil mengadakan Latihan Fungsional Kesehatan yang direncanakan berlangsung selama satu minggu dengan melibatkan personel dari Satuan Kerja Mako Kolinlamil dan prajurit pengawak KRI serta didukung Instruktur berpengalaman seperti dokter umum, dokter gigi serta tenaga perawat ahli.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Latihan Operasi Matra Laut ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja di Gedung Dinas Kesehatan Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/2/2022).

Latihan yang digelar sebagai pelaksanaan dari Perintah Latihan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan personel Kolinlamil khususnya Dinas Kesehatan Kolinlamil dalam menjalankan fungsi kesehatan guna meningkatkan pelayanan dan dukungan kesehatan bagi prajurit Kolinlamil dan keluarganya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan akan terwujud pola pelayanan dan dukungan kesehatan bagi prajurit Kolinlamil sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, dimana pola pelayanan serta dukungan kesehatan disesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan.

Sasaran yang akan dicapai pada latihan ini adalah peserta latihan mampu dan terampil secara perorangan maupun tim dalam menangani pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), menguasai prosedur evakuasi secara cepat dan tepat sebagai bekal pelaksanaan tugas dalam memberikan pelayanan dan dukungan kesehatan kepada prajurit beserta keluarganya.

Sedangkan materi yang diajarkan terdiri dari pengetahuan kegawatdaruratan medis dan seleksi korban, teknik evakuasi medis dengan atau tanpa alat, pengetahuan dan penguasaan tentang peralatan kesehatan, dasar farmasi serta pengetahuan dasar kesehatan dan keselamatan kerja. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s