Rakor TJSL Kementerian BUMN, Pelindo Prioritaskan Program Pendidikan, Lingkungan dan UMK

Mimbarmaritim.com – Lampung

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkomitmen untuk menjalankan program TJSL yang berfokus pada tiga bidang program prioritas yakni pendidikan, lingkungan dan UMK. Hal ini ditegaskan Pelindo dalam Rapat Koordinasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan/Rakor TJSL Kementerian BUMN 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Januari 2022 di Lampung.

Adapun tujuan dari Rakor TJSL dengan tema “Kolaborasi Menjaga Masa Depan Indonesia” ini adalah untuk mendukung efektivitas dan meningkatkan komitmen bersama pelaksanaan program TJSL di seluruh Perusahaan BUMN.

Rakor yang dihelat selama dua hari ini berisi kegiatan antara lain Focus Group Discussion Program TJSL, Penyusunan Master Calendar dan Komitmen TJSL 2022, Launching dan Pengukuhan Ketua Forum TJSL serta Gala Dinner bersama Menteri BUMN. Pelindo juga menjadi salah satu penyusun dan pembaca Komitmen Program TJSL tahun 2022.

Dalam arahannya Erick Thohir menekankan bahwa program TJSL di BUMN difokuskan pada sektor pendidikan, pengembangan UMK, dan lingkungan hidup yang meliputi pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi, pemberdayaan UMKM dan ultra mikro untuk naik kelas, dan lingkungan hidup yang difokuskan untuk pelestarian alam dan penghijauan.

“Sesuai dengan arahan Menteri BUMN, tentunya kami berkomitmen untuk mendukung dan menjalankan program TJSL yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG) yang berfokus pada tiga bidang program prioritas yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK,” ujar Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono.

Sebagai Perusahaan BUMN yang peduli terhadap lingkungan, Pelindo telah melaksanakan program yang berfokus pada konservasi lingkungan, antara lain Program Penanaman Mangrove, Program Rehabilitasi terumbu Karang dan Program Penanaman Pohon.

Sepanjang tahun 2021 hingga awal 2022, sebanyak lebih dari 600an ribu batang mangrove, 340 instalasi terumbu karang dan penanaman 3275 batang pohon di berbagai wilayah di Indonesia. Selain program lingkungan Pelindo juga telah melaksanakan program di bidang pendidikan dan pengembangan UMK sebagaimana prioritas program TJSL.

“Saya ingin TJSL BUMN tidak berjalan sendiri-sendiri maupun saling bersaing. kegiatan TJSL BUMN harus disatukan (dikelola) dengan baik demi menciptakan harmoni rasa dan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” tegas Erick Thohir.

Dalam kesempatan ini, Kementerian BUMN juga memberikan apresiasi kepada Local Heroes atau sosok yang berperan penting terhadap keberhasilan program TJSL kepada masyarakat Lampung.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s