Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Dan Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Launching Layanan Two in One

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima yang inovatif, efisien dan efektif terhadap masyarakat. Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok kolaborasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok melaksanakan launching pelayanan buku pelaut dan paspor (service two in one), di Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (2/6/2021).

Kepada Kantor Syahbandar Utama lama Dr.Catp.Wisnu Handoko M.Si dalam sambutannya menyampaikan KSU Tanjung Priok dengan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, hampir satu bulan merancang program pelayanan Two in One.

 “Pelayanan ini, kami beri namanya pelayanan Two in One, alasannya adalah saat masyarakat (pelaut) sedang mengurus buku pelaut, seketika itu juga pelaut langsung menikmati fasilitas pelayanan untuk mengajukan permohonan pembuatan paspor pelaut dan dilayani oleh petugas Imigrasi di Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok,” kata Wisnu.

Menurut Wisnu, pelayanan Two in One itu artinya sedang mengurus pembuatan buku pelaut sekaligus saat itu juga dapat dilakukan untuk mengurus paspor dan dilayani oleh petugas Imigrasi. Karena terkait data permohonan buku pelaut, sudah pasti data pemohon untuk persyaratan memperoleh buku pelaut dan paspor banyak persamaannya.

“Kami berharap kedepannya melalui pelayanan Two in One ini yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, agar terus berkelanjutan dan dapat memuaskan pelayanan masyarakat pengguna jasa pelabuhan,” tutupnya.

Sementara Kabid Keselamatan Berlayar Capt Herbet Marpaung mengatakan kolaborasi KSU Tanjung Priok dengan Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok dalam pelayanan Two in One tersebut, sangat membantu masyarakat khususnya para pelaut dalam mengurus pembuatan buku pelaut dan paspor. 

“Khusus untuk pelaut, tidak membutuhkan waktu lama lagi mengurus buku pelaut dan paspor. Ketika pelaut melengkapi persyaratan permohonan untuk pembuatan buku pelaut, saat itu juga pelaut langsung dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor dan dilayani petugas Imigrasi,” jelas Capt Herbet.

Capt Herbet menambahkan semoga melalui pelayanan Two in One yang baru pertama dilaksanakan di Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, dapat menjadi pilot project kepada UPT lainnya dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Edisong, S.E., M.H., dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok lama  Capt.Wisnu Handoko dan jajarannya, atas kolaborasi pelayanan Two in One dilaksanakan di Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok.

Edisong mengatakan pelayanan publik saat ini dituntut masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik. ” Karena Bapak Presiden RI selalu menghimbau agar seluruh pelayanan publik untuk selalu meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

Untuk Imigrasi, katanya dimana ada Kantor Imigrasi berada disana sudah pasti ada pelayanan publik. ” Khususnya di pelabuhanTanjubg Priok kita akan berikan kesempatan dan kenyamanan para pelaut dalam pelayanan pembuatan paspor artinya kita harus jemput bola,” ungkap Edisong.

Ia menambahkan seluruh pelayanan Imigrasi saat ini sedang dicanangkan dan dituntut terus meningkatkan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam rangka menuju program WBK.

Edisong juga menyebutkan prosedur proses pembuatan paspor dalam layanan Two in One ini cukup cepat waktunya hanya 3 (hari), hal ini terhitung sejak pengajuan permohonan pembuatan paspor dan setelah pemohon di foto, paspor diterbitkan di Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok.

“Saya sangat berharap kedepannya agar seluruh stakeholder khususnya di pelabuhan Tanjung Priok agar berkolaborasi dalam pelayanan publik, saling mengingatkan dan memberikan informasi. Hal – hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kenyamanan kepada masyarakat di pelabuhan Tanjung Priok serta berkelanjutan,”pungkas Edisong.

Saat launching layanan Two in One ini, Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok lama Dr Capt Wisnu Handoko M.Si dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Edisong, S.E., M.H. memberikan buku pelaut dan paspor yang sudah diterbitkan kepada masyarakat pengguna jasa pelabuhan (pelaut).(MM- 01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s