Pisah Sambut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dan Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Sangat Berkesan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melantik pejabat eselon 2 dari lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut beberapa waktu lalu. Dilanjutkan acara pisah sambut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Priok lama dari Ir. M. Tohir kepada Capt. Wisnu Handoko Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Kegiatan ini juga sekaligus dirangkai  menggelar acara mengantar tugas Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok lama, dari Capt.Wisnu Handoko kepada Andi Hartono Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok baru, bertempat di Grand Orchardz Hotel Rabu malam (2/6/2021). 

M.Tohir yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor OP Tanjung Priok digantikan Capt. Wisnu Handoko. M.Tohir saat ini diangkat menjabat sebagai KSOP Tanjung Emas Semarang. Namun M.Tohir menjabat Kepala OP Tanjung Priok waktunya relatif singkat (2 bulan) yakni terhitung sejak bulan April 2021.

Sedangkan jabatan Capt Wisnu Handoko sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok digantikan oleh Andi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Sesditjen Perhubungan Laut.

M. Tohir pada kesempatan itu dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak selama ini telah melakukan kerjasama sama yang baik di pelabuhan Tanjung Priok. Walaupun dirinya ditugaskan untuk menjabat sebagai Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Priok sekitar 1,5 bulan.

Ia mengungkapkan selama bertugas dalam waktu yang relatif singkat itu, pihakny telah melaksanakan beberapa kegiatan di Tanjung Priok. Salah satu kegiatan yang sudah pernah didiskusikan dengan stakeholder adalah bagaimana mencari solusi terkait kemacetan di pelabuhan Tanjung Priok.

M.Tohir mengatakan  bahwa di pelabuhan Tanjung Priok saat ini masih ada PR buat Pak Wisnu untuk membenahi pelabuhan termasuk rencana induk pelabuhan (RIP) Tanjung Priok belum mendapat rekomendasi dan pengesahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu Capt. Wisnu Handoko dalam sambutannya mengharapkan support dari seluruh stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok, selama bertugas sebagai Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

“Saya mohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak bagaimana pelabuhan Tanjung Priok dapat kita benahi bersama serta dikelola dengan baik menjadi pelabuhan yang berkelas dunia (wolrd class port) dengan berwawasan ramah lingkungan,”ungkapnya. 

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder pelabuhan Tanjung Priok atas dukungan selama bertugas sebagai Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dapat bekerjasama secara harmonis.

“Saya juga mohon dimaafkan jika selama ini ada kesalahan yang dilakukan yang sengaja atau tidak sengaja,”pungkasnya.

General Manager (GM) Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana mewakili manajemen IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) saat memberikan kesan dan pesan menyatakan bahwa perkenalan dengan M. Tohir relatif singkat, namun sudah seperti kenal lama dan sangat berkesan.

Guna Mulyana mengungkapkan bahwa ketika bertemu pertama sekali dengan Bapak Tohir langsung membahas terkait masalah kemacetan di pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak M.Tohir atas peran dan sentuhannya walaupun relatif singkat. Semoga pengalaman singkat tersebut dapat dibawa ke Pelabuhan Tanjung Emas,”tutupnya.

Sementara, Kepala Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok yang baru Andi Hartono dalam sambutannya menyampaikan dirinya akan meneruskan apa yang sudah dilakukan dan diperbuat oleh Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung sebelumnya Bapak Capt.Wisnu Handoko. 

“Saya akan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Pak Wisnu, yang kurang akan kita perbaiki yang baik akan kita pelihara dan jaga. Karena saya nggak bisa bekerja sendiri, tanpa dukungan dari seluruh stakeholder dan tentu sinergi para Kepala Bidang serta Kepala Seksi di jajaran Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok,” tuturnya.

Andi Hartono menyebutkan kedepan perlu perhatian bersama terkait green port dan akan dilakukan sertifikasi pelabuhan.”Hal ini kita lakukan adalah untuk kepentingan bersama bagaimana kita menata pelabuhan Tanjung Priok menjadi lebih baik.Tentu sangat dibutuhkan sinergi seluruh stakeholder, bagaimana agar pelabuhan Tanjung Priok ini nyaman dan kondusif,”pungkas Andi Hartono.

Hadir acara dalam acara pisah sambut tersebut diantaranya Kepala Kantor Navigasi Kelas I Tanjung Priok Reymond, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa Capt Roni Fahmi, KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Johan Cristoffel, KSOP Kelas IV Muara Angke Yuli Indra,Kepala Kantor BKKP Tanjung Priok dr Hesti, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok Pujo Kurnianto, KSOP Kelas IV Marunda Capt.Isya Amsari, Ketua DPC INSA Jaya Capt. Alimudin, GM PT Pelindo Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana, Kepala Cabang PT Pelni Tanjung Priok Indria Priyatna, Direktur Teknik PT Jasa Armada Indonesia Capt Iqbal, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Putu Kholis Aryana, Wadir Polairud Polda AKBP Idham, para pelaku usaha pelayaran, para mitra kerja, serta jajaran pejabat struktural Otoritas Pelabuhan dan Syahbandar.

Acara pisah sambut sederhana ini dikemas santai dan berkesan. Dengan menampilkan iringan musik Mata Band dipimpin oleh Albert staff Kantor Syabandar Utama Tanjung Priok, Band tersebut adalah bentukan Capt.Wisnu Handoko untuk menghibur para tamu undangan. Sejak acara dimulai dan saat berlangsung tetap memperhatikan serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s