Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa Gelar Pisah Sambut

Mimbarmaritim.com – Sunda Kelapa

Setelah Kementerian Perhubungan telah melaksanakan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV dari jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Jakarta, Kamis ( 30/10/2921). Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa menggelar acara pisah sambut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid -19 yang ketat dilaksanakan di Restaurant Batavia Marina, Sunda Kelapa – Jakarta Utara, Kamis ( 7/10/2021).

Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa Capt Roni Fahmi  S.E., M.M., M.HP., M.Mar. menjabat selama satu tahun satu bulan dengan jabatan baru sebagai KSOP Kelas II Jayapura. Sementara penggantinya Chairul Awaluddin, M.MTr sebagai Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa yang baru. Sedangkan Kasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut  ( Lala) Capt. Leonard Natal Siahaan promosi sebagai Kepala KSOP Kelas IV Selat Panjang, digantikan oleh Dr.Ilham Akbar M.H sebagai Kasi Lala yang baru.

Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono selaku Koordinator UPT DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Capt Roni Fahmi selama bertugas sebagai KSOP Kelas III Sunda Kelapa, telah melakukan kerjasama, bersinergi dan selalu berkolaborasi dengan instansi terkait.

Andi menjelaskan bahwa selama ini dalam menjalankan tugas, pihaknya saling menjaga dan saling mengingatkan apapun yang dikerjakan agar tetap selalu melakukan kolaborasi.

“Karena tidak bisa kita mengatur sebagai regulator pelabuhan akan baik, jika tanpa adanya dukungan TNI – Polri dan instansi terkait lainnya di pelabuhan,” ungkap Andi.

Andi juga mengatakan kedepan berharap bagaimana agar pelabuhan Sunda Kelapa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik seperti yang sudah berjalan selama ini.

“Kami  juga menyampaikan kepada Bapak Capt Roni Fahmi selamat bertugas ditempat yang baru, dan kepada Bapak Chairul Awaluddin selamat bergabung dalam mengemban tugas baru sebagai Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa,”tutup Andi.

Pada kesempatan yang sama Capt Roni Fahmi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh yang mendukung terselenggaranya acara pisah sambut hari ini, tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Capt. Roni mengungkapkan kesan dan pesannya selama menjabat satu tahun satu bulan bertugas dirinya selama ini dalam menyelenggarakan kegiatan di KSOP Kelas III Sunda Kelapa, selalu melakukan koordinasi dengan seluruh UPT DKI Jakarta, PT Pelindo (Persero) Cabang Sunda Kelapa, TNI – Polri, asosiasi perusahaan pelayaran serta stakeholder lainnya.

“Atas nama pribadi juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para Kepala Seksi, pegawai KSOP Kelas III Sunda Kelapa, instansi terkait dan stakeholder pelabuhan Sunda Kelapa. Yang selama ini telah banyak membantu dan mendukung seluruh kegiatan di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa,”ujarnya.

Capt Roni menyampaikan harapannya agar Kepala KSOP yang baru agar dapat terus meningkatkan pelayanan dan koordinasi dengan seluruh UPT DKI Jakarta serta stakeholder lainnya.

“Saya berpesan kepada seluruh pegawai KSOP Kelas III Sunda Kelapa, agar terus meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa kepelabuhanan dan menegakkan aturan. Semoga kedepannya KSOP Kelas III Sunda semakin maju dan lebih hebat lagi, ” pungkas Capt.Roni.

Sementara Kepala KSOP Kelas III  Sunda Kelapa Chairul Awaluddin mengatakan sesuai dengan perintah dari Bapak Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut, kami diminta untuk bersinergi dengan para mitra kerja atau eksternal.

Chairul menjelaskan bahwa harapan pimpinan untuk dapat kami menciptakan harmonisasi, agar dapat mengharmonikan dimana harmonika itu ada suaranya yang rendah, ada suara tinggi, suara datar, suara bass artinya satu kesatuan menjadi suara yang indah.

“Ha itulah yang menjadi harapan pimpinan kami Bapak Menteri Perhubungan dan Bapak Dirjen Perhubungan Laut, supaya kami dapat mengaplikasikan harapan pimpinan tersebut kepada seluruh stakeholder di pelabuhan,”ungkapnya.

Ia mengungkapkan dalam mengawali tugas sebagai KSOP Kelas III Sunda Kelapa, dirinya akan terus menjaga, memelihara apa yang sudah dilakukan oleh Bapak Capt Roni. Misalnya membuat RIP Pelabuhan Sunda Kelapa, membangun Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa yang sedang berjalan dan melanjutkan program yang belum yang terealisasi serta membuat program baru untuk kemajuan pelabuhan Sunda Kelapa ke depan.

“Kami juga akan terus melanjutkan program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19 melalui pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat Maritim khususnya dilingkungan pelabuhan Sunda Kelapa dan sekitarnya. Apa yang sudah diciptakan Bapak Capt Roni tentu kami akan lanjutkan,” ujar Chairul.

Chairul menyebutkan bahwa dirinya adalah berasal dari Jakarta, orangtua di Jakarta dan lahir di Jakarta, jadi kalau ditugaskan di Pelabuhan Sunda Kelapa tentu masih ada melekat hubungan emosional dengan penugasan sebagai Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa.

“Kami juga meminta bantuan kepada Bapak Camat Pademangan dan Bapak Lurah Ancol , Bapak Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, Bapak GM Pelindo (Persero) Cabang Sunda Kelapa, asosiasi yang ada di pelabuhan Sunda Kelapa dan stakeholder lainnya. Bagaimana kita dapat bersama-sama membangun dan memelihara serta menjaga pelabuhan Sunda Kelapa yang berbasis daerah wisata (heritage). Karena berdirinya Sunda Kelapa sejak tahun 1527 jaman VOC Belanda,” jelas Chairul.

Menurut dia, bahwa di media pemberitaan pelabuhan Sunda Kelapa telah gencar diberitakan sebagai pelabuhan wisata seperti yang tertuang di RIP Pelabuhan Sunda Kelapa yang baru.

“Kami juga mohon dukungan dari seluruh pejabat struktural KSOP Kelas III Sunda Kelapa dan seluruh pegawai. Mari kita lanjutkan dan jadikan Sunda Kelapa lebih baik lagi setelah kepemimpinan Bapak Capt.Roni Fahmi,”pungkas Chairul.

Hadir dalam acara pisah sambut KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono, Kabid Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli  ( KBPP) KSOP Kelas I Panjang Kant Dicky,  Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas IV Lubuan M.Ridwan, General Manager  ( GM) PT Pelabuhan Indonesia ( Persero) Cabang Sunda Kelapa Kurnia Jaya S.H..

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Sunda Kelapa Syaiful, Camat Pademangan Didit M, Lurah Ancol Rusmin, TNI, Polri, Kabag TU Sugiono, Kasi SHSK Sumartono, Kasi KBPP Sugeng, pegawai KSOP Kelas III Sunda Kelapa dan seluruh asosiasi yang ada di Pelabuhan Sunda Kelapa – Jakarta Utara.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s