LOGISTIK

Sambut Hari Pers Nasional, Pelindo I Dukung Pendidikan Dan Latihan Jurnalis

Mimbarmaritim.com – Medan

Menyambut Hari Pers Nasional 2021, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)/ Pelindo I bersinergi dengan Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Senergi ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan  profesionalisme wartawan Indonesia.  Pelindo I akan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jurnalisme tentang kepelabuhanan.

Sinergi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo I Dani Rusli Utama dan Ketua Umum PWI Atal S Depari dalam acara puncak Hari Pers Nasional 2021 pada hari ini, Selasa (9/2/2021) di Jakarta. Puncak acara ini dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara virtual.

SVP (Senior Vice President) atau Sekretaris Perusahaan Pelindo I melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, Selasa (9/2/2021) mengungkapkan Pers merupakan pilar keempat demokrasi. Karena itu, sebagai pemangku kepentingan, Pelindo I merasa terpanggil untuk mendukung pengembangan jurnalisme di Tanah Air. Sebagai upaya bersama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini, sebagai sinergi Pelindo I dengan insan pers dalam memberikan informasi-informasi korporasi kepada publik.

Imron Eryandy, menjelaskan bahwa dalam MoU tersebut, terdapat beberapa bentuk dukungan Pelindo I dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan Indonesia. Pertama, mendukung sumber daya penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jurnalisme serta pelatihan terkait kepelabuhanan yang diperlukan. Dan, mendukung pelaksanaan kegiatan media literacy (melek media) melalui serangkaian diskusi dan bedah kasus dengan menerapkan kode etik jurnalistik. 

Sementara Ketua Umum PWI Atal S Depari dalam Peringatan Hari Pers menyampaikan apresiasinya atas komitmen yang disampaikan oleh Pelindo I (Persero) dan mengapresiasi atas komitmen yang disampaikan oleh Pelindo I. 

Atal S Depari, mengatakan bahwa kesepahaman tersebut merupakan satu bentuk dari peran serta dunia usaha sebagai pemangku kepentingan pers nasional. Selain meningkatkan kompetensi wartawan terhadap kesadaran profesinya, wartawan juga harus memiliki keterampilan jurnalistik serta informasi tentang ilmu lainnya. Untuk mendukung kegiatan jurnalistik. 

“Kesepahaman ini  dapat menjadi  sarana yang bisa dimanfaatkan, untuk memberi nilai tambah kepada masing -masing pihak,” jelas Atal S.Depari.

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian Barat.

Pelindo I berkantor pusat di Belawan –  Medan – Sumatera Utara, saat ini memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan. Pelindo I mengelola 15 cabang pelabuhan, 8 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 5 (lima) Anak Perusahaan, yaitu PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM). 

Sedangkan pelayanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini, Pelindo I dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga, untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. 

Pengembangan operasional secara terus-menerus, hal ini mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan pemerintah terutama dalam program tol laut. Untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasionalPelindo I sebagai Indonesia Gateway.(MM-Ody).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s