Perkuat Jajaran Satlinlamil 3, KRI Teluk Amboina-503 Dan KRI Manado-537 Dialihbinakan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

KRI Teluk Amboina-503 dan KRI Teluk Manado-537 menjalani alih bina dari Satuan Lintas Laut Militer 1 ke Satuan Lintas Laut Militer 2. Rangkaian acara alih bina kedua KRI tersebut diantaranya adalah penandatanganan serah terima alih bina KRI oleh Komandan Satlinlamil 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang kepada Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentius dan disaksikan langsung oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/6/2022).

Pelaksanaan alih bina ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kasal nomor KEP/774/III/2022 tanggal 14 Maret 2022 dan Surat Perintah Pangkolinlamil Nomor Sprin 688/V/2022 tanggal 30 Mei 2022, tentang alih bina dua KRI jenis angkut tank dari Satlinlamil 1 ke Satlinlamil 3 yakni KRI Teluk Amboina-503 dan KRI Teluk Manado-537 guna memperkuat jajaran Satlinlamil 3 dalam mendukung pelaksanaan tugas Kolinlamil.

Panglima Kolinlamil menyampaikan pengalihbinaan KRI ini bukan hanya sekedar pergeseran alutsista semata namun harus dapat didayagunakan secara optimal dalam mendukung tugas-tugas Kolinlamil ke depan. Oleh karena itu harus diikuti dengan peningkatan dukungan logistik dan fasilitas pemeliharaan yang secara keseluruhan meliputi sarana dan prasarana, sehingga alih bina ini dapat diaplikasikan dalam melaksanakan tugas yang diemban oleh Kolinlamil.

“Dengan alih bina dua KRI ini, saya berharap Dansatlinlamil 3 dapat melaksanakan pembinaan personel dan materiil KRI dengan baik dalam rangka mendukung tugas Kolinlamil. Kepada prajurit pengawak KRI Teluk Amboina-503 dan pengawak KRI Teluk Manado-537, tetap semangat dalam berdinas di jajaran Satlinlamil 3,” ujar Panglima Kolinlamil.

Komandan KRI Teluk Amboina-503 Letkol Laut (P) Yanuar Rizky Widjaya dan Komandan KRI Teluk Manado-537 Mayor Laut (P) I Gde Oke Manuaba pada kesempatan yang sama menyampaikan kesiapannya untuk bergabung dengan jajaran Satlinlamil 3. Secara moril seluruh prajurit KRI ABN-503 dan KRI TMO-537 siap ditempatkan di Makassar sesuai keberadaan atau lokasi Markas Komando Satlinlamil 3.

Keberadaan KRI Teluk Amboina-503 dan KRI Teluk Manado-537 sebagai unsur KRI jajaran Satlinlamil 3 ditujukan untuk memperkuat satuan pelaksana Kolinlamil dalam rangka melaksanakan dukungan angkutan laut militer.

Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam perintah hariannya, tingkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s