Wisata Sambil Belajar Puluhan Pelajar Sekolah Kunjungi Kapal Perang Kolinlamil

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Komando Lintas Laut Militer menjadi salah satu alternatif destinasi wisata edukasi bahari. Kapal perang yang saat ini stand by pangkalan dapat menjadi salah satu obyek wisata yang mampu menarik minat generasi muda. Selain menampilkan teknologi dan fasilitas yang dimiliki, wisata di kapal perang juga menawarkan informasi tentang keangkatanlautan yang diharapkan mampu menjaring minat generasi muda untuk bergabung dengan TNI AL, join the Navy and see the word.

Dengan meredanya kasus penyebaran Covid-19, Kolinlamil membuka kembali kesempatan kepada sekolah-sekolah yang akan melaksanakan study tour di Kolinlamil dan Warship tour. Kesempatan yang baik tersebut dimanfaatkan oleh pelajar SMP Avicenna Cinere untuk melihat langsung dan mengenal kapal perang di Kolinlamil, salah satu KRI yang dikunjungi oleh para pelajar tersebut yakni KRI Teluk Palu-523 yang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Komandan KRI Teluk Palu-523 Letkol Laut (P) Siswandoni yang turut mendampingi pelajar SMP Avicenna Cinere melaksanakan Warship tour mengungkapkan kebanggaannya bisa memfasilitasi para pelajar yang ingin melihat langsung KRI dan menimba pengetahuan terkait keangkatanlautan.

Sekitar 34 pelajar sekolah yang berlokasi di Cinere tersebut begitu antusias untuk mengetahui seluk beluk kapal perang jenis Angkut Tank (AT) ini. Bagi pelajar dan para guru pendamping, kesempatan naik KRI merupakan pengalaman perdana dan hal tersebut dapat menjadi obat penawar rasa penasaran yang selama ini mereka rasakan tentang situasi, kondisi dan informasi tentang KRI.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma melalui Asisten Potensi Maritim Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara menyampaikan bahwa Kolinlamil memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkunjung ke Kolinlamil dan mengenal lebih dekat tentang kapal perang yang dimiliki TNI AL. Kesempatan tersebut terbuka bagi siapa saja baik kelompok organisasi masyarakat atau lembaga pendidikan yang tentunya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di TNI AL.

Wisata edukasi kebaharian yang difasilitasi oleh Kolinlamil merupakan upaya untuk mempublikasikan alutsista TNI AL kepada masyarakat sekaligus menunjukkan kepada khalayak umum bahwa prajurit TNI AL berkomitmen untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia dengan mengawaki KRI dengan seoptimal mungkin.

Hal tersebut selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa prajurit TNI AL harus jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s