Dua Menteri Tinjau Arus Mudik Di Terminal Penunpang Nusantara Pura Tanjung Priok

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Meninjau kesiapan menangani arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kunjungi Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa, 26 April 2022. Menteri BUMN RI meninjau langsung kesiapan fasilitas mudik gratis sepeda motor di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok, dengan menggunakan kapal KM Dobonsolo dengan tujuan Semarang -Surabaya. Sebanyak lebih dari 500 orang penumpang dengan lebih dari 240 unit sepeda motor diberangkatkan melalui fasilitas mudik gratis ini.

Usai meninjau fasilitas terminal penumpang, Menteri BUMN RI juga menyapa para penumpang kapal laut dan berdiskusi bersama terkait mudik lebaran tahun ini. Dilanjutkan dengan melepas keberangkatan KM Dobonsolo beserta para penumpang dari Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok sesuai jadwalnya pada siang hari.

“Program Mudik Gratis Sepeda Motor merupakan bentuk dukungan Pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik di Tahun 2022, dengan adanya mudik gratis sepeda motor melalui moda Transportasi Laut tentunya diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas darat, hal ini merupakan bentuk perhatian BUMN dalam memberikan kemudahan fasilitas mudik lebaran kepada masyarakat,” ujar Menteri BUMN RI Erick Thohir saat meninjau Terminal Pelni di Tanjung Priok, Rabu, (26/4/2022).

Sebelumnya pada pagi harinya, Menteri LHK RI Siti Nurbaya melakukan pemantauan Program Mudik Minim Sampah Tahun 2022, pada kesempatan ini dilakukan penjelasan proses penanganan sampah yang tidak hanya sebatas pada pengumpulan sampah di terminal dan area perkantoran, tapi juga meliputi kegiatan pembersihan kolam, kawasan daratan Pelabuhan Tanjung Priok hingga pengangkutan residu sampah ke TPA untuk dipilah oleh Bank Sampah.

Semua proses penanganan sampah dilakukan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi Pemudik melalui moda transportasi laut di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok.

Menteri LHK RI Siti Nurbaya pada kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada Pelabuhan Tanjung Priok atas segala upaya yang dilakukan dalam mempersiapkan fasilitas tempat sampah tematik dan sampah terpilah yang sangat bagus, ketersediaan dan kelayakan fasilitas dapat mendukung Mudik Minim Sampah.

“Hal seperti ini diharapkan memperkuat partisipasi publik serta peran aktif pelaku usaha dalam upaya pengurangan sampah mudik,”ungkap Siti Nurbaya.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Arif Suhartono mengatakan utuk mewujudkan kelancaran arus mudik Lebaran di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok. Pihaknya akan memastikan kesiapan sarana fasilitas yang memadai untuk para penumpang agar tetap aman dan sehat dengan menyediakan fasilitas-fasilitas.

“Seperti ruang tunggu calon penumpang, musala, toilet, mini market, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, penambahan counter check-in hingga penambahan personil keamanan,” jelas Arif Suhartono.

Sementara, General Manager Regional 2 Tanjung Priok M. Hadi Syafitri Noor mengatakan pihaknya akan selalu kolaborasi dengan semua instansi dan stakeholder dalam mewujudkan kelancaran arus mudik Lebaran dan mendukung kegiatan Program Mudik Minim Sampah. Dengan melaksanakan pengurangan dan penanganan sampah guna mengurangi timbunan sampah untuk mewujudkan mudik dengan lingkungan yang nyaman dan sehat.

Turut hadir dalam kunjungan dua Menteri ini diantaranya Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PLSB3) Rosa Vivien Ratnawati, Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Arif Suhartono, Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dr. Capt. Wisnu Handoko, MSc, Kepala Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Tanjung Priok Ir. Andi Hartono, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana, Pelindo Regional Head 2 Guna Mulyana, General Manager Regional 2 Tanjung Priok M. Hadi Syafitri Noor.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s