Pelaku Pungli Di Pelabuhan Tanjung Priok Laporkan Ke Nomor 081195115665

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Setelah kunjungan Presiden RI Jokowi pekan kemarin ke Pelabuhan Tanjung Priok dalam rangka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Maritim. Pada kesempatan itu Presiden menyempatkan waktu berdialog dengan para sopir treler angkutan petikemas. Seketika itu juga Presiden menghubungi Kapolri terkait adanya  Pungutan Liar ( Pungli) di pelabuhan Tanjung Priok.

Pemberitaan di media terkait Pungli di pelabuhan Tanjung Priok publik cukup ramai,  menyikapi pemberitaan tersebut Pemerintah (regulator) bersama PT Pelindo II dan operator terminal petikemas (container) pada hari ini, Selasa (15/6/2021) melaksanakan press conference terkait Pungli di pelabuhan Tanjung Priok.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko sebagai  regulator, menyatakan permintaanya kepada awak media bahwa peristiwa itu terjadinya dimana, apakah di dalam atau di luar pelabuhan, karena jangan sampai peristiwanya di luar dikatakan pula Pungli di pelabuhan.

Capt Wisnu mengatakan bahwa Pungli bukan hanya kali ini terjadi, tapi sudah lama juga ada. “Namun kami semua di Tanjung Priok berkomitmen untuk memberantas hal itu,” tukasnya.

Sementara, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Arif Suhartono mengatakan dengan kejadian yang terungkap ini (Pungli) dirinya merasa senang, karena hal itu justru dapat mendorong pihaknya untuk bisa lebih baik lagi.

“Padahal wilayah kami ini mulai dari gate 1 sampai 9, namun diluar itu kami selalu melakukan kerja sama dengan instansi terkait,” sebutnya.

Arif mengungkapkan semua karyawan Pelindo II tak boleh meminta-minta. Jika terbukti tertangkap melakukan Pungli, maka dengan tegas akan dikeluarkan dari perusahaan. “ Hal ini, menjadi komitmen kami untuk bersih dari hal-hal yang tak diinginkan,” kata Arif.

Menurut dia, terkait adanya video yang digambarkan berhenti operasi, hal itu terjadi pada hari Jumat, karena pekerja sedang melakukan sholat Jumat.

Ia meminta dan mengharapkan agar seluruh operator mengatur jam kerja terhadap para operator di lapangan pada saat Jumat. ” Kami minta jika ada yang melakukan Pungli atau yang merugikan pengguna jasa, silakan laporkan langsung  ke No Hp.081195115665..

Arif menambahkan yang pasti seluruh instansi baik Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, PT Pelindo II (Persero) dan Kepolisian, serta seluruh operator terminal petikemas berkomitmen untuk pelabuhan Tanjung Priok bersih dari Pungli.

Hadir dalam acara press conference diantaranya Dirut IPC/Pelindo II Arif Suhartono, Direktur Opersai IPC Muarif, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt Wisnu Handoko, Kepala Kantor Syahbandar Tanjung Priok Andi Hartono, Wakil Kapolres Pebuhan Tanjung Priok Kompol. Yunita, para direksi operator terminal petikemas di Priok, dan instansi terkait Pelabuhan Tanjung Priok..(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s