KSOP Kelas I Banjarmasin Terus Menerapkan Prokes Bagi Pemudik Angkutan Laut

Mimbarmaritim.com – Banjarmasin

Setelah melandainya pamdemi Covid-19 dan dilonggarkan peraturan pemerintah, hal ini akan membawa angin segar bagi penyedia jasa khususnya transportasi laut. Karena jumlah pemudik pada tahun 2022 ini diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Sejak merebaknya pandemi Covid-19 diseluruh Indonesia dan pelarangan mudik oleh pemerintah pusat, jasa transportasi laut khusus penumpang hampir mati suri. Namun dengan terus melandainya Covid-19 maka jumlah pemudik pada tahun 2022 ini pun meningkat.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Banjarmasin Dr. Hartanto M. H. M. m. Mar. E, melalui Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal ,Capt. Maltus Jackline Kapistrano mengatakan untuk para pemudik tahun 2022 ini tetap wajib menjalankan protokol kesehatan. Karena KSOP Kelas I Banjarmasin mengacu pada Surat Edaran Satgas Covid-19 No.16 tahun 2022 dan SE Kemenhub No.37 tahun 2022 tentang pengendalian pelaku perjalanan orang dalam negeri beserta adendumnya. Dimana puncak arus mudik di wilayah Banjarmasin diperkirakan pada tanggal 27-28 April 2022 menjelang cuti bersama.

“Kami akan menyiapkan 4 (empat) armada (kapal) laut untuk angkutan mudik. Masing-masing perhari akan disiapkan 2 (dua) armada yang memiliki kapasitas angkut dari kedua Kapal tersebut sebanyak 1.000 orang penumpang,” demikian disampaikan Capt Maltus melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, hari ini Rabu (27/4/2022).

Menurut dia, terkait penerapan protokol kesehatan, KSOP Kelas I Banjarmasin akan terus bekerja sama dengan TNI,POLRI, KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) , BASARNAS , BMKG , DISHUB , PELINDO ,Operator Kapal, serta seluruh stakeholder terkait lainnya

Ditambahkan nya, KSOP Kelas I Banjarmasin akan membantu calon penumpang berangkat untuk mudik. Diharapkan keberangkatan para pemudik dapat terlaksana dengan baik, aman dan nyaman sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Sementara Rahmadi salah seorang penumpang angkutan laut di pelabuhan Banjarmasin mengungkapkan dengan terus diterapkannya aturan protokol kesehatan saat mudik tahun 2022 ini seluruh penumpang akan merasa nyaman dan tenang.

” Kami sebagai penumpang kapal laut mudik tahun ini, bagi kami merupakan kabar gembira karena biaya mudik saat ini sangat terbantu dan terjangkau harganya,”ungkap Rahmadi.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s