Dirjen Hubla R.Agus.H .Purnomo Pimpin Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa

Mimbarmaritim.com – Jakarta
Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  (Dirjen Hubla) melaksanakan acara peletakan batu pertama pembangunan kantor pelayanan publik KSOP Kelas III Sunda Kelapa – Jakarta Utara hari  ini, Jumat (7/5/2021). 

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R.Agus H.Purnomo didampingi Sesditjen Perhubungan Laut Perhubungan Laut Andi Hartono dan dihadiri Direktur KPLP Ahmad, Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok M.Tohir, Kepala Distrik Kelas I Tanjung Priok, Kepala PLP Kelas I Tanjung Priok Fujo, Kepala BKKP dr.Hesti, Kabag Umum dan Perlengkapan, Kepala KSOP Marunda Capt Isa Amsyari, Kepala KSOP Kepulauan Seribu Johan Christofer, Kepala KSOP Muara Angke Indra Yuli, Kepala KKP Nizam Rachman, Kapolsek Sunda Kelapa, General Manager (GM) PT. Pelindo Cabang Sunda Kelapa Kurnia Jaya, perwakilan pegawai dari UPT Ditjen Hubla, perwakilan dari Bea Cukai dan pegawai KSOP Sunda Kelapa serta pengurus INSA, ISAA, TKBM, APBMI.

Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa Capt Roni Fahmi mengawali acara peletakan batu pertama dalam laporannya menyampaikan bahwa terkait perkembangan kegiatan pembangunan gedung pelayanan publik kantor KSOP Sunda Kelapa. Sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, pembangunan kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa yakni 1 (satu) gedung kantor  berlantai 2 (dua) tingkat dan ditunjang dengan modernisasi sistem serta fasilitas lainnya.

Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa Capt Roni Fahmi

Capt Roni Fahmi mengatakan dengan peletakan batu pertama ini maka kegiatan pembangunan gedung pelayanan publik KSOP Kelas III Sunda Kelapa beserta fasilitas yang ada secara resmi telah dimulai.

Capt Roni Fahmi menyebutkan kegiatan pembangunan kantor pelayanan publik KSOP  Kelas III Sunda Kelapa telah melalui proses pelelangan di Biro LPPBMN dengan perencanaan gedung seluas 1.664 M2 dengan menggunakan dana dari DIPA Tahun 202.

“Perusahaan pemenang pekerjaan pembangunan KSOP Kelas III Sunda Kelapa ini melalui proses tender atau pelelangan. Pemenang lelangnya perusahaan kontraktor PT. Golan Karya Sejahtera dan PT. Huda Tata Sarana sebagai pengawas (supervisi) pembangunan dengan masa kerja 180 hari kalender,” jelasnya. 

Selain itu, katanya akan ada juga pengawasan dilakukan oleh Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. Pelindo II  yang telah menyiapkan lahan seluas 4.502 M2 sebagai relokasi pembangunan kantor pelayanan publik KSOP Kelas III Sunda Kelapa. Sesuai dengan yang tertuang dalam MoU dan telah dibuat dalam Surat Perjanjian Pemakaian Lahan. Untuk selanjutnya diurus dalam sertifikat hak pakai lahan ke Badan Pertanahan Nasional,”pungkas Capt Roni.

Direktur Jenderal perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo dalam kesempatan yang sama dalam sambutannya menyampaikan bahwa waktu yang ada untuk pembangunan gedung KSOP Kelas III Sunda Kelapa tidak terlalu banyak. Diharapkan pelaksanaan pembangunan harus dilaksanakan dengan tepat waktu. 

“Pelaksanaan pembangunan ini harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada dan saya berharap dengan gedung kantor yang baru. Nantinya akan dapat lebih meningkatkan kinerja pegawai didalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa,” tegas Dirjen Agus.

Dirjen Agus juga mengingatkan pentingnya kesehatan dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan dan menghimbau agar jangan mudik dan aktivitas angkutan laut untuk mudik dilarang beroperasi. Menghindari terjadinya kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19. 

“Tetapi aktivitas non mudik seperti pengiriman cargo maupun sembako tetap berjalan agar perekonomian tetap berjalan,” pungkas Dirjen Agus.

Puncak acara ini ditandai dengan peletakan batu pertama di area lahan yang akan dibangun kantor pelayanan publik KSOP Kelas III Sunda kelapa. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Dirjen Hubla  R.Agus H Purnomo dan kemudian diikuti oleh Sesditjen Hubla Andi Hartono, Kepala KSU Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko, Kepala OP utama Tg Priok M.Tohir, Kepala Navigasi Kelas I  Tanjung Priok, Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa Capt Roni Fahmi dan General Manager PT. Pelindo II Cabang Sunda Kelapa Kurnia Jaya.

Dengan pembangunan kantor ini sangat diharapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa terkait ijin usaha transportasi dan jasa Kepelabuhan.

Acara peletakan batu pertama tersebut ditutup dengan pembacaan Doa oleh pegawai KSOP Kelas III Sunda Kelapa. Dengan harapan supaya pekerjaan pembangunan gedung pelayanan publik KSOP Kelas III Sunda Kelapa dan fasilitas penunjang dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan agar dapat selesai sesuai rencana.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s