COAST GUARD

Begini Persiapan Puncak Acara Marpolex Besok Di Lampung

Mimbar Maritim – Lampung

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memastikan pelaksanaan puncak acara Latihan Penanggulangan Pencemaran di Laut atau National Marine Pollution Exercise (National Marpolex) 2020 di Lampung siap digelar besok, Senin (30/11/2020).

Berbagai rangkaian persiapan kegiatan yang dilakukan selama 3 (tiga) hari mulai dari Jumat (27/11/2020) sampai dengan Minggu (29/11/2020) berupa kegiatan familiarisasi rencana operasi, rencana latihan, table top exercise atau latihan di dalam ruangan, survey lokasi perairan yang menjadi lokasi kapal-kapal latihan bersama sampai gladi resik berlangsung lancar.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Andi Hartono yang turut hadir saat pelaksanaan kegiatan gladi resik menyampaikan bahwa seluruh rangkaian persiapan yang telah dilakukan menunjukkan kesiapan yang matang jelang pelaksanaan National Marpolex 2020.

“Alhamdulillah seluruh persiapan telah dilakukan dengan lancar tanpa kendala apapun, sehingga saya yakin Ditjen Perhubungan laut bersama dengan seluruh peserta atau unsur yang terlibat telah siap untuk pelaksanaan Marpolex National 2020 besok,” ujar Andi di dermaga Pelabuhan Panjang Lampung, Minggu (29/11/2020).

Sementara itu, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto yang turut hadir mendampingi Sesditjen Andi Hartono menyatakan bahwa lokasi latihan sudah siap untuk pergerakan kapal-kapal yang melakukan latihan Marpolex.

“Lokasi latihan juga sudah diinfokan oleh Stasiun VTS Panjang kepada kapal-kapal untuk tidak melintasi perairan yang digunakan latihan,” ungkap Capt. Pujo.

Kegiatan latihan meliputi pemasangan oil boom pada perairan dimana ada kapal yang mengalami kebocoran sehingga ada tumpahan minyak. Nantinya juga ada kapal yang datang melakukan evaluasi korban kecelakaan dan ada kapal lainnya yang melakukan penyemprotan pada kapal dalam latihan pemadaman kapal.

Kegiatan gladi resik yang berlangsung sekitar pukul 15.30.00 WIB sempat tertunda karena hujan. Dan berlanjut sekitar pukul 17. 00 WIB sampai selesai. Pada hari itu juga pukul 09.00 WIB juga dilakukan survey lokasi perairan. Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan Table Top Exercise pada Sabtu (28/11/2020) di Hotel Novotel, Lampung.

Kegiatan latihan Table Top Exercise ini merupakan bagian dari kegiatan latihan Marpolex. Kegiatannya meliputi komunikasi atas skenario latihan sesungguhnya di laut oleh semua unsur peserta. Latihan berlangsung maksimal dan tuntas serta berjalan lancar.

Kegiatan latihan ini menggunakan skenario latihan sesungguhnya di laut yang dilengkapi dengan standar latihan penanggulangan musibah dan penanggulangan tumpahan minyak.

Disamping itu, latihan komunikasi juga dilakukan dengan menguji coba kegiatan komunikasi semua unsur terkait latihan. Pada uji coba latihan komunikasi arahnya untuk mempersiapkan diri semua unsur latihan pada kemampuan komunikasi dilengkapi dengan bahasa operasi dan menguji kesiapan peralatan serta jaringan komunikasi yang digunakan.

Adapun peserta National Marpolex 2020 Lampung ini berjumlah 30 orang, yang terdiri dari perwakilan dari SKK Migas, Polair Polda Lampung, Kantor SAR Lampung, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Kepala BMKG Maritim Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Pangkalan TNI AL, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak.

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Uban, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Bitung, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tual, Kantor VTS Panjang , VP. Marine PT. Pertamina (Persero), HSSE PT. Pertamina (Persero), PT. Pertamina (Persero) Cabang Panjang, PT. Pelindo II (Persero) Cabang Panjang, Pimpinan Tersus/TUKS Wilayah Panjang dan Seluruh Unsur National Marpolex 2020.(Ody-01).

Kategori:COAST GUARD, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s