Pelindo Regional 2 Cabang Palembang Terus Komitmen Menciptakan Pelabuhan Bersih Melalui Tag Line No Pungli No Tips

General Manager (GM) Pelindo Cabang Palembang Regional 2 Imam Rahmayadi, Sabtu (27/12/2021).

Mimbarmaritim.com – Palembang

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 melalui Cabang Palembang, dalam rangka meningkatkan sinergitas, kolaborasi bersama pemerintah daerah, pemangku kepentingan dan seluruh stakeholder terkait pelabuhan.

Pelindo Regional 2 Cabang Palembang telah melakukan kegiatan deklarasi bersama yang diselenggarakan di dermaga non petikemas pelabuhan Boom Baru Palembang – Sumatera Selatan pada tanggal 23 November 2021 yang lalu. 

Kegiatan ini dilaksanakan merupakan bentuk dan upaya melalui komitmen bersama terhadap kesadaran (awareness) terkait dari berbagai hal – hal sangat penting yang harus di implementasikan di pelabuhan diantaranya : Kesadaran terhadap Kode Keamanan Internasional terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan (The Internasional Ship and Port Fasility Security Code – ISPS Code), Kesehatan Keselamatan Keamanan dan Lingkungan Hidup (K3L), Anti Suap dan Anti Pungutan Liar (Pungli) khususnya di lingkungan kerja Pelindo Regional 2  Cabang Palembang – Sumatera Selatan.

General Manager (GM) Pelindo Cabang Palembang Regional 2 Imam Rahmayadi didampingi Deputi General Manager (DGM) Komersial Cabang Palembang Regional 2 Darmawi saat berbincang – bincang di ruang kerjanya kepada Mimbar Maritim, Sabtu (26/11/2021) mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan sinergitas seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan. Dengan tujuan agar Pelindo Regional 2 Cabang Palembang kedepan terus lebih baik lagi pelayanan operasionalnya, pelabuhan bersih melalui tag line # No Pungli, # No Tips.

“Hal ini kami lakukan guna meningkatkan layanan yang lebih transparandan dapat mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi di Sumatera Selatan. Disamping itu juga dapat meningkatkan kesadaran bagi kita semua, terkait dengan keamanan kerja, security exellent, safety excellent dan operasional excellent,” ujar Imam.

Dia menjelaskan bahwa mengenai bongkar muat di pelabuhan Cabang Palembang Regional 2 telah memenuhi ketentuan yang sudah ada dan telah memenuhi Standar Operasi Pelayanan (SOP) yang berlaku.Tentu dengan memilki kesadaran tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan produktivitas bongkar muat di pelabuhan. Perencanaan kedepannya akan diadakan safety dan security patrol yang lebih ketat untuk dapat memastikan pelayanan yang terbaik.

Lebih lanjut, Imam mengatakan melalui tagline yang baru yakni # No Pungli, #No Tips pelabuhan lebih baik, dengan tujuan akan dapat untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan terhadap praktek – praktek berupa pungutan liar dalam kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan.

“Untuk mengatasi hal tersebut, kami telah menyiapkan sejumlah team pengawasan saat berada di lapangan bersama Pelindo group di Pelabuhan Regional 2 Cabang Palembang,”ungkapnya.

Imam menambahkan pihaknya juga sudah melakukan tindakan tegas terhadap satu orang oknum karyawan Pelindo dengan pemecatan terkait pungutan liar di lingkungan kerja pelabuhan. Jika masih ada terjadi pungli atau suap di lingkungan kerja Pelindo, tentu konsekuensinya akan dilakukan tindakan tegas terhadap yang menerima maupun yang memberi.

Dikatakannya, diharapkan melalui deklarasi yang kami lakukan tersebut bukan hanya cuma seremonial saja, namun akan dapat meningkatkan kesadaran seluruh insan terkait di pelabuhan Maritim, untuk terus mewujudkan pelayanan yang prima dan menjaga keamanan serta keselamatan kerja.

“Kami mengucapkan terimakasih pada seluruh stakeholder maritim dapat kerjasama untuk mendukung dan mewujudkan layanan pelabuhan yang semakin baik lagi,”tutupnya.

Pada kesempatan terpisah, ketika Mimbar Maritim menemui salah satu anak perusahaan Pelindo Group yang bergerak dibidang usaha penyediaan armada kapal tunda. Dalam kegiatan pemanduan dan penundaan dilingkungan Pelindo Regional 2 yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk.

General Manager (GM) Area Wiliyah IV Capt. Ferry Yani Pesik didampingi  DGM Area Wilayah IV M. Ari Sya Ban mengatakan pihaknya selaku anak perusahaan Pelindo sangat mendukung program PT Pelabuhan Indonesia Regional 2 Palembang  dengan  menghimbau penggunaan APD terhadap Crew ABK dengan tujuan K3 diatas kapal.

“Kami juga telah menegaskan kepada seluruh Crew ABK untuk tidak adanya praktik-praktik pungli terhadap pelayanan kapal di Pelabuhan, kami akan selalu berupaya  meningkatkan kinerja. Dalam rangka mewujudkan program Pak GM PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang yaitu security exellent, safety excellent dan operasional excellent,” jelas Capt Ferry.

Deklarasi Pelindo Regional 2 Cabang Palembang bekerja sama dengan stakeholder dan instansi terkait lainnya melakukan penandatanganan komitmen bersama diantaranya, Kelapa KSOP Kelas II Palembang Letkol Mar. Triyanto, Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan, Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan diwakili oleh Koordinator Jaksa Intel Roy Ariandi, Lanal Palembang, KSKP Boombaru AKP. Imelda.

Ditpolairud Polda Sumatera Selatan diwakili oleh Kompol Yudo, Disnaker Kota Palembang, DPC INSA Palembang Buyung Eden, Kantor Bea dan Cukai Tipe B Palembang Harris, DPD Aptrindo Resdianto, DPW ISAA Sumsel Santo, Koperasi Karyawan Pelabuhan Ahyani PT IPC TPK Palembang Adi Saputra, PT Jasa Armada Indonesia Tbk Wilayah IV Capt. Ferry. Y. Pesik  dan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Selatan Letkol Gusra PT. Pelabuhan Tanjung Priok Andi Purwantoro dan DPW APBM I Sumatera Selatan Rico.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s