LOGISTIK

KRI “SEA WARRIOR” 593 Nominasi  Kapal Teladan TNI AL 2020

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Dalam rangka memperingati HUT Armada RI, TNI AL mengadakan pemilihan KRI Teladan 2020. Salah satu kapal perang milik Kolinlamil yang masuk kategori penilaian adalah KRI Banda Aceh 593. 

Kapal perang yang mendapat julukan Sea Warrior ini melaksanakan uji penilaian dari tim penilai Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) dengan berlayar ke perairan Teluk Jakarta sambil melaksanakan latihan-latihan, beberapa saat yang lalu.

Penilaian terhadap KRI kategori nominasi teladan tersebut meliputi beberapa aspek, yaitu aspek Operasi, Material dan Personel. Aspek Operasi meliputi beberapa hal, yaitu Penghentian, pemeriksaan dan penahanan (Henrikhan), efisiensi operasi (Eops), serta jam layar. 

Aspek material menyangkut kesiapan teknis KRI dalam menjalankan operasi, sedangkan Aspek Personel berkaitan dengan kesiapan, keterampilan serta profesionalisme prajurit dalam menjalankan tugas kedinasan dalam pengawakan KRI.

Selain itu juga dilakukan Penilaian terhadap latihan – latihan peran, di antaranya peran embarkasi dan debarkasi, latihan peran kapal berlayar dan bertempur, latihan peran kebakaran, latihan peran bahaya udara, latihan peran kebocoran, latihan peran peninggalan serta latihan peran kemudi darurat.

Selain bidang operasi, bidang administrasi pun dilakukan penilaian, misalnya pengecekan surat-surat dan jurnal operasi di long rooms perwira, Pengecekan gudang amunisi meriam 40, dan pengecekan gudang senjata. Dan secara spesifik tim penilai KRI teladan melaksanakan pengecekan kebersihan dan kelengkapan fasilitas ruangan-ruangan serta kesiapan seluruh Prajurit KRI Banda Aceh 593 dalam mengawaki serta operasional kapal. 

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh prajurit Kolinlamil khususnya kepada KRI Banda Aceh 593 atas kembali menjadi nominasi  salah satu KRI teladan TNI AL 2020.

“Dipilihnya KRI Banda Aceh 593 agar menjadi motivasi untuk meningkatkan terus kesiapan dan kesiagaan operasi serta untuk jadi motivasi KRI yang lain guna mendapat prestasi bidang lainnya” ungkap Panglima.

KRI Banda Aceh 593 merupakan kapal yang berpengalaman dalam operasi kemanusiaan, mulai operasi SAR AirAsia QZ 8501, KRI Banda Aceh menjadi pusat komando untuk operasi pencarian Air Asia QZ8501 jatuh di perairan Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah pada  Desember 2014.

Kapal ini diandalkan kembali untuk proses evakuasi badan pesawat Lion Air JT 610 Jakarta – Bangka Belitung yang jatuh di perairan Tanjung Karawang 2018 lalu.(Ody – Dispen)

Kategori:LOGISTIK, PELAYARAN, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s