MARITIM

PUSHIDROSAL INSPEKSI SURVEI DI PERAIRAN PALOPO TELUK BONE DENGAN VIDEO CONFFERENCE

Ket. Gambar : Diropssurta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Dr.Haris Djoko Nugroho M.Si dan  Kadishidro Kolonel Laut (KH) Ir. Abdul Aziz Muttaqim


Mimbar Maritim – Jakarta

Guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) melakukan inspeksi survei di perairan Palopo dengan menggunakan Sarana Video Conference (Vicon), di Jakarta Selasa (28/4/2020).

Dalam Vicon tersebut, Tim inspeksi Pushidrosal yang dipimpin Direktur Operasi Survei dan Pemetaan (Diropssurta) Kolonel Laut (KH) Dr. Haris Djoko Nugroho, M.Si dan Kepala Dinas Hidrografi (Kadishidro) Kolonel Laut (KH) Ir. Abdul Aziz Muttaqim, menerima paparan dari Katim Survei Pushidrosal Letkol Laut (P) Agus Sutomo mengenai perkembangan pelaksanaan survei di perairan Palopo, yang meliputi area, waktu, maupun metode survei yang dilaksanakan.

Dalam Vicon hari pertama, Tim Inspeksi melakukan evaluasi dan melihat keakuratan data survei yang sudah dihasilkan. Hal ini bertujuan agar akuisisi serta kualitas kontrol data hidro-oseanografi di lapangan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh International Hydrographic organization (IHO). Sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir, terpercaya dan yang tidak kalah pentingnya adalah guna peningkatan Category Zone Of Confident (CatZoc).

Sedangkan pada hari kedua Tim Inspeksi  melalui vicon melaksanakan pengecekan ke Posko survei, stasiun titik Hidro Pilar (HP), stasiun pasang surut dan stasiun meteorogi. Rekomendasi dari Tim Inspeksi,  berkaitan dengan  sisa waktu yang ada, tim survei diminta melaksanakan recheck kembali data yang dihasilkan agar sesuai dengan standar IHO.

Menurut Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal)  Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., selama masa pandemik Corona, kegiatan Pushidrosal, baik itu inspeksi survei Pushidrosal, maupun kegiatan-kegiatan lain seperti rapat koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga dilakukan dengan menggunakan sarana Video Conference.

Hal ini dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.
Survei Hidro-oseanografi di perairan Palopo bertujuan untuk memutakhirkan data batimetri di perairan Palopo  Teluk Bone dan publikasi nautika. Yang nantinya digunakan untuk updating peta laut Indonesia No.138.

Selain itu,  data yang diperoleh digunakan untuk peningkatan Category Zone Of Confident (CatZoc), ini  dikarenakan data batimetri pada perairan tersebut terakhir di survei pada tahun 1903.  Dengan kerjasama yang saling menguntungkan data yang diperoleh dari hasil survei hidro-oseanografi Pushidrosal dapat digunakan oleh Pemda setempat. 

“Untuk perencanaan tata ruang di laut dan pembuatan peta Tematik pengelolaan sumberdaya kelautan. Sebagai bentuk sumbangsih Pushidrosal terhadap pembangunan kelautan.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s