Perkuat Standarisasi Layanan, SPMT Bagendang Dan Dumai Terima Penetapan Dari Kemenhub

Mimbarmaritim.com – Medan

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas, terus berkomitmen untuk mengimplementasikan standarisasi serta meningkatkan kualitas pelayanan operasional kepada para pengguna jasa.

Hal ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan tentang Penetapan Terminal Curah Cair (TCC) di Pelabuhan Bagendang pada Selasa, (01/11/ 2022), dan penyerahan Surat Keputusan tentang Penetapan Terminal Curah Cair (TCC) & Curah Kering (TCK) di Pelabuhan Dumai pada Kamis, (4/11/2022).

Penyerahan SK Penetapan TCC di Pelabuhan Bagendang dilakukan oleh Kepala KSOP Kelas III Sampit Sidratul Muntaha, serta dihadiri oleh Direktur Utama SPMT Drajat Sulistyo, Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar dan CEO Pelindo Sub Regional Kalimantan Fariz Hariyono. Sementara itu penyerahan SK Penetapan TCC & TCK Pelabuhan Dumai dilakukan oleh Kepala KSOP Kelas I Dumai Victor Vikki Subroto, serta dihadiri oleh Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar dan Regional Head I Pelindo yang diwakili oleh Division Head Operasi Revional I Pelindo Abu Bakar Siddiq.

Penetapan Terminalisasi di Pelabuhan Bagendang dan Dumai ini ditujukan untuk menghadirkan Terminal Dedicated yang didukung dengan standarisasi alat dan peningkatan produktivitas sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional yang berdampak pada penurunan biaya logistik, yang menjadi benefit baik bagi pihak pengelola terminal dan pihak pengguna jasa.

Untuk itu, SPMT telah meningkatkan ketersediaan sistem dan prosedur pelayanan, kapasitas SDM, fasilitas tambat permanen, alat bongkar muat serta sistem operasi untuk masing-masing lokasi Terminal.

Direktur Utama SPMT Drajat Sulistyo menyampaikan terima kasih kepada pihak KSOP Sampit & KSOP Dumai serta harapan atas penetapan terminalisasi Pelabuhan Bagendang Kalimantan Tengah & Dumai Riau Daratan ini.

“Penetapan Terminalisasi adalah bentuk komitmen SPMT untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, dan momentum ini melanjutkan langkah inisiasi Terminal SPMT yang sudah dilakukan di Pelabuhan Belawan pada Juli 2022 lalu untuk dapat terus meningkatkan level of service sesuai kebutuhan customer,” tutur Drajat.

CEO Pelindo Regional III Sub Regional Kalimantan Fariz Hariyono, turut menyampaikan apresiasinya pada kegiatan ini. “Pelaksanaan operasional TCC dan di Pelabuhan Bagendang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan operasional,” sambut Fariz.

Sementara pada kegiatan terpisah lainnya, Kepala KSOP Kelas I Dumai Victor Vikki Subroto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan dukungan Pelindo Regional I, dan SPMT dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa.

“Kami harapkan hal ini menjadi momentum bagi pengelola terminal dan pelabuhan bersama Stakeholder untuk terus melakukan upaya penataan dan peningkatan layanan yang berkelanjutan,” sebut Victor.

Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar menyebut, penetapan Terminalisasi di Pelabuhan Bagendang & Dumai ini merupakan wujud komitmen SPMT untuk terus meningkatkan penataan dan pengembangan operasional yang berkelanjutan di pelabuhan yang dikelola.

“Termasuk di antaranya klasterisasi lokasi penyadaran kapal berdasarkan jenis komoditi kargo diharapkan dapat berdampak pada standarisasi pelayanan dan peningkatan produktivitas operasional yang pada akhirnya dapat mempersingkat durasi Port Stay kapal di Pelabuhan,” pungkas Ridwan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s