Rukindo Lakukan Transformasi, Meningkatkan Daya Saing Usaha

Mimbarmaritim.com – Jakarta

PT Pengerukan Indonesia (Rukindo) telah melakukan upaya langkah strategis bisnis pasca merger di Pelindo, PT Rukindo merupakan anak perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang jasa Pengerukan, Reklamasi serta Galangan dan Perbengkelan Kapal.

Keberadaan PT Rukindo adalah untuk mendukung kelancaran arus keluar masuk kapal dan keamanan kapal saat sandar di Pelabuhan melalui perawatan kedalaman alur pelayaran dan kolam pelabuhan serta melaksanakan perbaikan kapal di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero),” kata Corporate Secretary PT Rukindo Zulva Irawan Anton melalui keterangan persnya diterima redaksi Mimbar Maritim, hari ini Kamis (12/10/2022).

Anton mengatakan saat ini PT Rukindo terus berupaya melakukan perbaikan melalui transformasi perusahaan seperti peningkatan kehandalan alat produksi, restrukturisasi organisasi dan pengembangan SDM, kerjasama kemitraan serta peraihan pasar pengerukan non Pelindo untuk penguatan existing business terutama pada jasa pengerukan.

Selain itu, kata Anton, corporasi juga telah melaksanakan kepedulian melalalu program tanggung jawab sosial masyarakat dan lingkungan (TJSL) juga menjadi program perusahaan.

Anton mengungkapkan Rukindo sampai saat ini mendapat kepercayaan dari pemilik pekerjaan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) maupun di luar PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Beberapa pekerjaan pengerukan yang telah dilakukan dilingkungan Pelindo antara lain pekerjaan pengerukan Kalibaru, Pelabuhan Bengkulu, Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Tanjung Priok, dan untuk non Pelindo seperti Pelabuhan Suralaya, Pelabuhan TPPI Tuban.

“Rukindo juga bersinergi dengan anak perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim yaitu dengan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) untuk kerjasama dalam Pengelolaan dan Pengoperasian Galangan dan Perbengkelan Kapal, serta Rukindo terus berinovasi untuk menunjang kegiatan operasional pada tahun 2021/2022 dengan mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) berbasis ISO 37001:2016, Surveillance Audit ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 45001 serta sertifikat ISM Code dan ISPS Code,” jelasnya.

Lebih lanjut Anton menuturkan program HSSE selalu digalakkan melalui safety drill dan pembaharuan perlengkapan keselamatan serta peningkatan keamanan/ security bekerja sama dengan PT ISMA anak perusahaan PT Pelindo Solusi Logistik. Peningkatan kehandalan alat produksi terus dilakukan melalui perbaikan/docking kapal keruk milik pada tahun 2021/2022 yakni CSD Batang Hari 30, TSHD Kalimantan II dan Hopper Barge Natuna.

“Dalam bidang teknologi informasi Rukindo berinovasi dengan membangun VOMS (Vessel Operation Monitoring System) untuk mendukung kegiatan monitoring operasional kapal dalam pekerjaan pengerukan dan perbaikan/perawatan kapal,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjut dia, dalam bidang kepedulian sosial Rukindo telah melakukan kegiatan CSR Rukindo Peduli di lokasi pekerjaan pengerukan, kegiatan Ramadhan serta memperingati Idul Adha 1443 H, dan pada tanggal 30 maret 2022 Rukindo mendapatkan penghargaan “Top CSR Awards and Top Leader on CSR Commitment 2022”.

Ditambahkanya, dalam rangka menciptakan brand image Rukindo baru dengan pasca merger Pelindo dan perubahan kepemilikan saham Pelindo, telah dilakukan perubahan logo Rukindo berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
Rukindo memiliki daya tarik industri yang cukup tinggi. Untuk pasar jasa Pengerukan dan akan melakukan upaya peningkatan kinerja dengan terus melakukan inovasi dan meningkatkan layanan untuk menjadi perusahaan pengerukan yang handal dan terpercaya.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s