LOGISTIK

DPW ALFI DKI JAKARTA AKAN  LAKUKAN PENGUATAN SDM  INTERNAL MELALUI DIKLAT DI ALFI INSTITUTE

Ketua DPW ALFI DKI Jakarta Adil Karim

Mimbar Maritim – Jakarta

Dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) ALFI DKI Jakarta terpilih sebagai Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DKI Jakarta Adil Karim,  untuk masa bakti 2019-2024 di Hotel Mercury, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (5/12/2019).

Masa bakti  5 tahun mendatang pengurus ALFI DKI Jakarta secara internal akan melakukan penguatan dan pemberdayaan SDM pengurusnya melalui pendidikan dan latihan (Diklat) di Institute ALFI seluruh pengurus ALFI DKI Jakarta.

” Karena ALFI DKI Jakarta selama ini sudah terlambat melakukan pendidikan terhadap SDM pengurus internal. Sementara daerah Surabaya, Semarang dan Makassar sudah melakukan diklat terhadap pengurusnya. Menjadi program utama kami, adalah melakukan pendidikan SDM pengurus di ALFI Institute. Pendidikan minimal Basic Forwarder Course (BFC) dan akan memilki sertifikat ,” kata Adil Karim, saat berbincang – bincang di ruang kerjanya di Jakarta,Senin (9/12/2019).

Adil Karim mengatakan ALFI Institute merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan Freigh Forwarder tempat untuk mengembangkan SDM Logistik. Pengurus akan diklat di ALFI Institute dan dibiayai oleh DPW ALFI DKI Jakarta sedangkan untuk anggota ALFI DKI Jakarta di biayai masing – masing  perusahaan sendiri.

” Kita akan sekolahkan seluruh pengurus dengan training of trainer (TOT) dan lulus akan menghasilkan anggota yang berkualitas. Setelah mengadakan kursus sesuai standard tentang forwarder semuanya akan menjadi TOT yang sudah bisa mengajar, barulah kita bisa dikatakan kemandirian,” katanya.

Menurut dia, membuat kemandirian DPW ALFI mengajak seluruh pengurus – pengurus agar dapat mengajar semua anggota. Karena kedepan akan bicara tentang digitalisasi, persaingan global, semakin sederhana tetapi tugas pengurus ALFI itu semakin berat.

Modul – modul di ALFI Institute katanya sudah disesuaikan dengan kemajuan teknologi sekarang dan sistem digitalisasi dan modul di ALFI institute tersebut sudah dapat pengakuan dunia, semua modul ALFI seluruhnya dunia sama. 

” Pengurus ALFI di Indonesia yang sudah memiliki standar kompetensi dunia yang dikeluarkan oleh Swiss berjumlah 19 orang sedangkan di dunia baru berjumlah 289 orang memiliki sertifikasi standar internasional ,” ujar Adil Karim yang juga tenaga pengajar di ALFI Institute.

Jadi kita akan tingkatkan SDM anggota seperti PPJK, karena selama ini PPJK adalah orang mewakili importir, seharusnya setiap PPJK sudah harus dapat menjelaskan kepada importir tentang regulasi atau Undang Undang tentang Kepabeanan. 

” Saat ini, anggota ALFI DKI Jakarta yang aktif mencapai 1.100 Perusahaan. Kita berharap semua anggota ALFI dengan pemberdayaan SDMnya dapat mandiri dan akan mendapat pengetahuan sampai end to end. Dalam mata rantai pergerakan arus barang, distribusi dan perdagangan. ALFI DKI Jakarta kedepan juga akan regristrasi dan verifikasi keanggotaan ALFI by website,” pungkasnya. (Ody-01)

Kategori:LOGISTIK, REGULASI

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s