Panglima Kolinlami Pimpin Apel Gelar Pasukan Latopsratmin

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi selaku Direktur Latihan memimpin apel gelar pasukan Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin). Apel gelar pasukan tersebut dalam rangka rangkaian Latihan Operasi Pendaratan Administrasi tahun 2022 yang dikomandani oleh Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 Kolonel Laut (P) Yohanes Upang selaku Pangkogasgabratmin di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/8/2022).

Kegiatan gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan material yang terlibat latihan sebelum pelaksanaan manuver lapangan sebagai kelanjutan dari sebuah proses perencanaan operasi militer yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Panglima Kolinlamil dalam amanatnya mengatakan bahwa operasi pendaratan administrasi (Opsratmin) yang dilaksanakan oleh Kolinlamil merupakan operasi proyeksi kekuatan unsur Kogasratgab TNI AD ke daerah operasi yang merupakan salah satu dari tujuh operasi gabungan TNI.

Kegiatan manuver lapangan yang akan dilaksanakan melalui pentahapan embarkasi di Semarang, lintas laut menuju daerah operasi dan debarkasi di Lampung. Manuver lapangan yang dilaksanakan nantinya akan menjadi tolok ukur tingkat pemahaman personel terhadap rencana operasi yang telah disusun sebelumnya.

“Saya menyadari bahwa latihan ini menuntut persiapan fisik yang prima, karena banyak persoalan-persoalan materi dan dinamika latihan yang harus dilalui. Namun saya yakin dengan berbekal semangat berlatih dan profesionalisme serta kesungguhan peserta latihan, akan diperoleh hasil latihan yang optimal,” ungkap Panglima Kolinlamil.

Kegiatan Latopsratmin yang diselenggarakan oleh Kolinlamil pada dasarnya merupakan upaya untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta wujud dari kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

Sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang operasi dan latihan prajurit TNI AL dituntut untuk melaksanakan latihan dan latihan, tidak ada prajurit yang hebat, hanya ada prajurit yang terlatih. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s