Kolinlamil Gelar Vaksinasi Di Kantor Pos, Cegah Penularan Covid-19 Di Bulan Ramadhan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah tahun ini terasa berbeda dengan bulan Ramadhan dua tahun terakhir. Masyarakat dengan penuh suka cita berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan ibadah sholat wajib maupun sholat tarawih berjamaah. Kondisi tersebut didasari oleh kebijakan Pemerintah dengan melonggarkan pelaksanaan kegiatan ibadah setelah melihat kondisi penyebaran dan kasus Covid-19 yang trendnya cenderung menurun.

Meskipun demikian, pandemi Covid-19 masih belum dinyatakan berakhir. Masyarakat harus tetap waspada dan tetap patuh pada protokol kesehatan. Dalam rangka memaksimalkan upaya Pemerintah untuk memproteksi warga masyarakat dari penularan Covid-19, Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer melaksanakan mitigasi kemungkinan terjadinya peningkatan risiko penularan Covid-19. Sehubungan dengan meningkatnya mobilitas sosial masyarakat selama bulan puasa dan lebaran nanti dengan menggelar layanan vaksinasi untuk warga dengan mengambil lokasi di Kantor Pos Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (8/4/2022)

Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja yang memimpin langsung kegiatan tersebut menyampaikan alasannya mengambil lokasi di kantor pos. Pertama, karena pegawai kantor pos adalah kelompok masyarakat yang cukup rentan tertular karena interaksi sosialnya cukup tinggi. Kedua, kantor pos Rawamangun cukup mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar.

“Secara keseluruhan acara hari ini berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Tidak ditemukan adanya kejadian ikutan pasca imunisasi. Total tercatat 127 warga yang mendapatkan vaksinasi, 1 warga vaksin pertama, 1 warga vaksin kedua dan 125 warga mendapatkan vaksin booster menggunakan vaksin astrazeneca.” ungkap Kadiskes Kolinlamil

Dari Mako Kolinlamil, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan, berdasarkan pengumuman Pemerintah tentang pelaksanaan libur nasional dalam rangka Idul Fitri tahun 2022 dan aturan yang harus dipenuhi oleh warga masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran maka jajaran Kolinlamil menindaklanjuti dengan kembali menyelenggarakan serbuan vaksin. Diharapkan dengan pemberian vaksin tersebut warga masyarakat menjadi lebih tenang dalam melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan tahun ini dan nantinya pada saat melaksanakan mudik secara umum sudah terbentuk herd immunity sehingga kasus Covid-19 tidak naik kembali.

Serbuan vaksinasi yang digelar jajaran Kolinlamil secara kontinue merupakan wujud nyata dari peran TNI AL selama pandemi Covid-19. Sesuai penekanan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh jajaran TNI AL menjadi contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19. (Red-MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s