KSU Tanjung Priok Gelar FGD ” Inovasi Dan Optimalisasi Layanan Bidang Keselamatan Berlayar “

Mimbarmaritim.com – Bandung

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan melalui Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok menyelenggarakan kegiatan FGD (Focus Group Dissussion) bertempat di The Papandayan Hotel – Bandung tanggal 29-30 Maret 2022.

FGD kali ini mengangkat tema : Inovasi dan Optimalisasi Layanan Bidang Keselamatan Berlayar Dalam Mendukung Kinerja Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono  dalam sambutannya sekaligus membuka acara FGD menyampaikan penyelenggaraan FGD ini bertujuan untuk mendukung pelayanan di Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok salah satunya dari aspek terselenggaranya angkutan laut yang aman, lancar, nyaman, teratur dan efisien. Dalam memenuhi persyaratan dari aspek keselamatan, keamanan, pengawakan, pemuatan, kesehatan dan kesejahteraan awak kapal serta penumpang.

Andi menjelaskan kapal yang berlayar diwajibkan memenuhi persyaratan kelaiklautan atau laik laut (seaworthiness), apabila tidak memenuhi  persyaratan keselamatan kapal. Kemungkinan akan  mendapatkan musibah  dalam pelayaran cukup besar. Hal ini, sungguh tidak diinginkan, oleh karenanya sangat perlu untuk meningkatkan keselamatan kapal. Sehingga pengoperasian kapal dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan terjamin keselamatan penumpang serta barang yang diangkutnya.

Ia mengungkapkan tugas pengawasan dan penegakan aturan  keselamatan kapal pada umumnya tidak semakin ringan namun justru semakin berat. Akibat luasnya perairan yang memerlukan pengawasan, maupun karena perkembangan di bidang teknologi sarana angkutan laut yang semakin pesat. Hal ini ditandai dengan pengoperasian berbagai tipe kapal dengan peralatan yang semakin canggih dan mutakhir.

“Kondisi ini, semakin diperdebat lagi dengan adanya kecenderungan pemilik kapal (nakhoda) yang sengaja maupun tidak sengaja mengabaikan ketentuan yang berlaku hanya untuk memperoleh ke6 semata.Bahkan tidak segan – segan menggunakan segala cara dengan maksud untuk mengabaikan dari ketentuan keselamatan kapal,” ungkap Andi.

Menurut dia, perkembangan teknologi perkapalan dengan segala ketentuan yang berkaitan dengan keselamatan kapal, sudah tentu harus diimbangi pula dengan SDM (Sumber Daya Manusia) pelaksana yang benar – benar memiliki kemampuan dan kemampuan dan pengetahuan yang memadai dalam  bidang perkapalan serta peraturan keselamatan kapal. Karena tanpa tersedianya SDM yang memiliki pengetahuan yang memadai, maka penerapan ketentuan kapal serta tugas-tugas di bidang pengawasan tidak mungkin dapat dilakukan dengan baik.

“Saya mengharapkan agar FGD Bidang Keselamatan Berlayar dapat disampaikan dengan baik, dipahami dan dipedomani seluruh seluruh peserta. Dalam FGD ini benar – benar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sehingga membawa manfaat bagi keselamatan pelayaran, maupun untuk  institusi maupun pribadi kita masing-masing. sinergi antara  Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dan seluruh pemangku kepentingan dapat berjalan dengan baik,”pungkas Andi.

Sementara, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt Herbert P Marpaung ( Ketua Panitia FGD Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok) dalam laporanya menyampaikan bahwa acara FGD yang diselenggarakan Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok didanai dari anggaran DIPA.

Capt Herbert mengatakan pelaksanaan FGD ini, merupakan sarana untuk menyerap aspirasi, saran maupun kritik dari para pemangku kepentingan dalam rangka peningkatan keselamatan pelayaran khusus di pelabuhan Tanjung Priok dan umumnya di seluruh Indonesia.

Capt Herbert menambahkan ada beberapa materi yang diangkat dalam pembahasan FGD Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok diantaranya : Isu-isu strategis yang mempengaruhi keselamatan berlayar.

Penerbitan SPB kapal bendera Indonesia yang berangkat ke luar negeri. Arah kebijakan pemanduan dan penundaan kapal. Optimalisasi dan inovasi layanan pemanduan di Pelabuhan Tanjung Priok. Keselamatan bongkar/muat barang pada terminal konvensional di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, tambah Capt Herbert, inovasi layanan kepelautan dengan implementasi PKL dan Safe Manning Online dilihat dari perspektif teknis kepelautan. Inovasi layanan kepelautan dengan implementasi PKL dan Safe Manning Online dilihat dari perspektif regulasi dan legalitas hukum. Implementasi regulasi KKP terkait on/off crew kapal di Pelabuhan Tanjung Priok di masa pandemi Covid-19. Pemeriksaan keimigrasian di Pelabuhan Tanjung Priok. Sinergitas pengendalian keamanan di Pelabuhan Tanjung Priok dalam rangka menunjang keselamatan berlayar

Acara FGD yang diselenggarakan selama dua hari menghadirkan nara sumber dari internal Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Pengamat Maritim dan Stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok diantaranya : Staff Penyusunan Rancangan Peraturan Bagian Hukum Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nathanael Sitorus, S.H, M.H, Staff Sub Direktorat Tertib Berlayar dari Direktorat KPLP Capt.Putri Novalia Melani, S.Si, Kepala Sub Direktorat Kepelautan Ditjen Hubla Capt Jaja Suparman, M.M, Kepala Sub.Direktorat Pemanduan dan Penundaan Kapal Capt.Yoshua P.S.I Anthonie, Kabid Lalu Lintas Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Dedy Hermanto, S.E, M.M.TR.

Pengamat Maritim Dr.Raja Oloan Saut Gurning, S.T., Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP.Putu Kholis Aryana, S.I.K, diwakili Kabag Operasi Polres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Bayu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio, Koordinator Subtansi Pengendalian Karantina dan Survelans Epidemiologi Brata Sugema S.KM, M.Si, dan General Manager (GM) Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok Silo Santoso.

FGD kali ini diikuti peserta dari perusahaan pelayaran dan dari jajaran pegawai Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok, PT Jasa Armada Indonesia,  pemilik dan operator kapal, INSA, dan unsur terkait di pelabuhan Tanjung Priok. (MM-01).

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s