Jelang Lebaran 2022, KSOP Kelas I Banjarmasin Melakukan Uji Petik Kelaiklautan Kapal Penumpang

Mimbarmaritim.com – Banjarmasin

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin melaksanakan uji petik pemenuhan standar kelaiklautan kapal dalam rangka kesiapan angkutan laut menjelang Lebaran/hari Raya Idul Fitri 2022/ 1443 H.

Sesuai Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : IR – DJPL. I Tahun 2022 dan Keputusan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin Nomor : UM. 003/03/03/KSOP. BJM-2022 tentang Tim uji petik kelaiklautan kapal penumpang angkutan idul fitri tahun 2022 (1443 H ).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Banjarmasin Dr. Hartanto M. H. M. m. Mar. E, melalui Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal ,Capt. Maltus Jackline Kapistrano mengatakan pihaknya telah melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal terhadap kapal di terminal pelabuhan Banjarmasin, dari 4 kapal penumpang yang sandar di wilayah terminal penumpang pelabuhan Banjarmasin. Dua kapal penumpang telah dilakukan pemeriksaan uji petik dalam rangka peningkatan pelayaran sedangkan dua kapal berikutnya akan dilaksanakan secepatnya sebelum tanggal 16 April 2022.

“Uji petik kelaiklautan kapal dari Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin telah dimulai dari tanggal 14 Maret 2022 hingga tanggal 16 April 2022 mendatang dan akan dilanjutkan pemeriksaan terhadap semua kapal penumpang. Karena uji petik ini sesuai instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) terkait lainnya, ” ujar Capt Maltus melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, hari ini Rabu (30/3/2022).

Dia menyebutkan hingga saat ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin bersama pejabat pemeriksa keselamatan Kapal dari KSOP Kelas I Banjarmasin telah melakukan uji petik keselamatan kapal terhadp dua kapal penumpang yakni KMP Mila Utama dan KMP Dharma Kartika IX. Pelaksanaan uji petik dengan tujuan untuk mempersiapkan armada – armada kapal penumpang yang beroperasi di wilayah kerja KSOP Kelas I Banjarmasin.

Kepala KSOP Banjarmasin Dr. Hartanto, M.H,M.Mar,Eng menjelaskan dalam rangka peningkatan keselamatan pelayaran, agar seluruh armada yang ada di wilayah kerja pelabuhan Banjarmasin keadaan layak layar. Memastikan kondisi keselamatan pelayaran dan meningkatkan layanan jasa bagi masyarakat setempat khusus para pengguna modal transportasi laut. Sehingga para penumpang selama berlayar terjamin keselamatannya dan tiba pada tujuannya tepat waktu berkumpul dengan keluarga.

Hartanto menambahkan bahwa uji petik merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai persiapan menghadapi lonjakan arus penumpang saat libur panjang maupun kondisi tertentu. Dengan pemeriksaan sertifikat dan dokumen di atas kapal, pemeriksaan di bidang status hukum kapal, keselamatan kapal, manajemen keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dan pengawakan kapal serta pengujian beberapa alat keselamatan kapal.

“Sementara, untuk kapal KMP Dharma Rucita I dan KMP Niki Barokah direncanakan pelaksanaan uji petik sebelum tanggal 16 Maret 2022,” pungkas Capt Maltus. (Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s