COAST GUARD

Direktur Keamanan Penerbangan Dadun Kohar Melakukan Kunjungan di Pelabuhan Semayang – Balik Papan

Direktur Keamanan Penerbangan Dadun Kohar Saat Kunjungan Ke Semayang

Mimbar Maritim – Semayang

Kementerian Perhubungan RI saat ini mencatat adanya peningkatan arus penumpang angkutan laut Natal dan Tahun Baru yang berangkat melalui Pelabuhan Semayang. Jika dibandingkan pada periode yang sama tahun 2019 dengan tahun lalu (2018) mengalami peningkatan hingga 15%.

Demikian disampaikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Dadun Kohar kepada awak media usai melakukan kunjungan ke Pelabuhan Semayang – Balik Papan, Kamis (26/12/2019).

Dadun Kohar pada kesempatan itu mengatakan pihaknya (Kemenhub) melaksanakan pengawasan terkait dengan pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru baik udara, darat dan laut di Balikpapan. “ Untuk angkutan udara saat ini mengalami penurunan penumpang, namun untuk angkutan penumpang kapal laut justru mengalami peningkatan hingga mencapai 15 persen,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dadun Kohar menyebutkan bahwa seiring dengan trend kenaikan jumlah penumpang, Dipastikan seluruh penumpang akan terlayani dengan baik. Karena Kapal telah sesuai dengan jadwal, maka diharapkan semua operator harus mampu melayani dengan baik sehingga penumpang selamat sampai tujuan.

“ Kami menilai, bahwa pelayanan terminal penumpang Pelabuhan Semayang cukup bagus, baik dari sisi fasilitas bagi pengguna jasa yang dianggap cukup lengkap untuk melayani calon penumpang,” ujarnya.

Menurut dia, bahwa pelabuhan tersebut telah memiliki fasilitas Musholla, ruangan ber AC, toilet, ruangan ibu, anak balita, ruangan lanjut usia (lansia) dan ruang layanan kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan. Selain itu, ruang tunggu yang mampu menampung hingga ribuan penumpang termasuk kantin

 “Semuanya dapat terkendali dan dapat melayani pengguna jasa dengan baik. Karena secara nasional gelombang penumpang angkutan laut mengalami kenaikan sebesar 2%. Didukung cuaca yang baik dan ombak tidak terlalu tinggi, yang jelas angkutan udara saat ini ada penurunan. Kita berharap seluruh pihak dapat memberikan pelayanan yang maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Semayang Capt.Jhonny Runggu Silalahi mengatakan jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Semayang angkutan Natal dan Tahun Baru sejak 18-25 Desember 2019 sebanyak 9.038 penumpang dan jumlah yang datang sebanyak 6.033 penumpang. Keberangkatan paling terbanyak periode 21 Desember 2019 yaitu 2.915 orang penumpang.

Capt.Jhonny Runggu Silalahi menambahkan penumpang yang datang terbanyak periode 24 Desember 2019 berjumlah 2.400 orang penumpang. Tujuan keberangkatan didominasi wilayah Timur Indonesia. Khusus hari ini total yang berangkat mencapai 1.000 orang penumpang menggunakan kapal Pelni KM Lambelu tujuan Pare Pare – Makassar – Kupang.

Dalam kunjungan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Dadun Kohar didampingi Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semayang Capt Jhonny Runggu Silalahi beserta jajarannya.

Turut Hadir Managemen PT Pelindo IV (Persero) IV Cabang Balikpapan dengan jajarannya yakni Manager SDM dan Umum H Wahyudi, Manager Teknik Yuda Wira, Manager Transformasi Bisnis Syarifuddin dan Humas Muhammad Rizal dan sejumlah personil TNI dan Polri (Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s