COAST GUARD

Pangkalan PLPTanjung Priok Jalankan Tugas Sesuai Amanah UU Pelayaran No.17 Tahun 2008

Mimbar Matitim – Jakarta

Direktorat Perhubungan Laut c.q Direktorat KPLP (Kesatua Penjaga Laut dan Pantai) melalui Pangkalan PLP (Penjaga Laut dan Pantai) Tanjung Priok, sampai saat ini tetap menjalankan tupoksi ( tugas pokok dan fungsi) sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Dimana tugasnya menegakkan regulasi keamanan dan keselamatan pelayaran serta perlindungan maritim.

“Dasar kami dalam menjalankan tupoksi adalah UU Pelayaran No. 17 Tahun 2008 dan turunannya, mengingat dan berdasarkan ketentuan perundang-undangan itu sampai saat ini yang berlaku,” demikian disampaikan Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Elwin Refindo diatas kapal KN.Trisula III seusai mengikuti upacara Peringatan HUT KPLP (Kesatuan penjaga Laut dan Pantai) ke-47 dan Pangkalan PLP ke-32, di Terminal Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (26/2/2020).

Apa yang disampaikan Elwin Refindo terkait pertanyaan wartawan tentang adanya rencana pembentukan Indonesia Coast Guard akhir-akhir ini.

Elwin Refindo mengatakan apapun yang sedang berlangsung terkait rencana pembentukan coast guard. Selaku pimpinan Pangkalan PLP Tanjung Priok menyerahkan apa yang sedang berlangsung itu pada pimpinan di tingkat pusat (Kementerian Perhubungan dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut) . Pihaknya akan menerima hasil dari rencana pembentukan coast guard sebagaimana yang ditetapkan dari pimpinannya.

“Kami siap menerima apapun yang ditetapkan pimpinan kami,” tegasnya yang diampingi Capt. Alamin Husin M. Mar.

Namun demikian, kata Elwin, karena sampai saat ini masih proses perencanaan dan pembahasan di tingkat pimpinan nasional. Maka sebagai UPT Ditjen Hubla, pihak Pangkalan PLP Tanjung Priok menjalankan tugas berdasarkan UU Pelayaran yang berlaku.

“Salah jika saat ini, kami tidak menjalankan tupoksi berdasaarkan UU No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, karena yang berlaku untuk penegakan aturan keselamatan dan keamanan pelayaran, dan pelindungan maritim ada UU Pelayaran,” ungkap Elwin.

Menurut Elwin, jajarannya, baik yang ada di kapal maupun di darat, tetap menjalankan kegiatan seperti biasa. Kapal-kapal juga menjalankan kegiatan patroli dan melakukan pengawasan menyangkut aspek keamanan dan keselamatan pelayaran. ” Karena seluruh personil tetap solid dan kompak dalam menjalankan tugas sehari-hari,” pungkas (Ody-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s