Laksanakan Peran Polisionil, KRI Teluk Parigi-539 Periksa Kapal Ikan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Peran universal Angkatan Laut yang telah menjadi azas dan diterima secara internasional sejak lama, bahwa sebuah Angkatan Laut, selain mengemban fungsi militer juga mengemban fungsi diplomasi dan fungsi polisionil atau constabular, yang kemudian dikenal sebagai “Trinitas Peran Angkatan Laut”. Ketiga peran ini saling berhubungan dalam arti bahwa dalam menjalankan salah satu perannya, sesungguhnya Angkatan Laut juga melaksanakan peran lainnya.

KRI Teluk Parigi-539 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Arys Susanto saat ini sedang menjalankan misi pergeseran logistik dukungan sarana dan prasarana untuk Satuan Pendidikan TNI AL di 3 lokasi yaitu Satdik 1 Tanjung Uban, Satdik 2 Makassar dan Satdik 3 Sorong. Dalam posisi lintas laut menuju Tanjung Uban tepatnya di perairan Laut Jawa, KRI TGI-539 melaksanakan peran pemeriksaan dan penggeledahan terhadap 2 kapal ikan Indonesia yang saat itu sedang berlayar berlawanan arah, Kamis (24/3/2022)

Melalui komunikasi radio, kapal ikan tersebut diminta untuk merapat ke lambung KRI TGI-539 untuk dilaksanakan pemeriksaan terhadap dokumen, anak buah kapal dan muatannya. Kedua kapal ikan yang teridentifikasi dengan nama KM Bintang Mas Sejati dan KM Karya Jaya berasal dari Jawa Tengah, nelayan Pekalongan dan nelayan Juana.

Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen kelengkapan pelayaran, pemeriksaan ABK berikut dokumen yang menyertai serta muatan ikan yang berada di dalam palka, tidak ditemukan adanya pelanggaran yang cukup memenuhi syarat untuk ditindaklanjuti ke tahap penangkapan dan penyidikan sehingga kapal diijinkan untuk melanjutkan pelayarannya.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma telah menginstruksikan kepada para Komandan KRI jajaran Kolinlamil untuk melaksanakan Trinitas Peran Angkatan Laut dengan sebaik-baiknya. Dalam hal pelaksanaan peran polisionil harus mengedepankan praduga tidak bersalah dengan prinsip keberadaan TNI AL dalam hal ini KRI membawa manfaat bagi para pelaku usaha di bidang pelayaran dan perikanan tangkap serta memberikan rasa aman bagi para pengguna laut. Hal tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa dimanapun TNI AL berada harus membawa manfaat bagi rakyat di sekitarnya. (Dispen Kolinlamil).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s