Jalin Kerjasama Dengan BLUPPB Karawang, Prajurit Kolinlamil Ikuti Pelatihan Budidaya Perikanan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Komando Lintas Laut Militer bekerja sama dengan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang mengadakan pelatihan budidaya ikan bandeng bagi prajurit Kolinlamil. Kegiatan pelatihan yang merupakan pelaksanaan program kerja Staf Potensi Maritim Kolinlamil tersebut diselenggarakan selama dua hari, 16-17 Maret 2022 dan diikuti oleh 10 prajurit Kolinlamil serta 5 warga binaan Staf Potensi Maritim yang berasal dari Desa Segara Jaya, Tarumajaya, Bekasi dengan profesi sebagai petani tambak ikan dan nelayan.

Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya merupakan unit pelaksana teknis di bidang layanan usaha produksi perikanan budidaya yang berada di bawah dan tanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan. BLUPPB Karawang terletak di dusun Sukajadi desa Pusakajaya Utara RT 04/RW 01, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Bertempat di komplek kantor Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya Karawang para peserta dengan semangat dan penuh antusias mengikuti pelatihan. Hal tersebut terlihat dari dialog dua arah antara peserta dan instruktur sejak pelatihan dibuka. Materi yang disampaikan adalah metode budidaya meliputi pemilihan lokasi, persiapan tambak, penebaran ikan, perawatan selama pemeliharaan, pengendalian hama dan penyakit, pemberian pakan tambahan, hingga mempertahankan kualitas air.

Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara saat di ruang kerjanya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan budidaya perikanan digagas oleh Staf Potensi Maritim Kolinlamil dengan tujuan untuk membina masyarakat pesisir dalam rangka mendukung ketahanan pangan khususnya di bidang budidaya perikanan.

Sedangkan keterlibatan prajurit Kolinlamil dalam kegiatan tersebut nantinya mereka akan disiapkan untuk menjadi Bintara Pembina Potensi Maritim dan selanjutnya dengan bekal pengetahuan yang dimiliki dapat menularkannya kepada warga masyarakat.

“Program pelatihan budidaya ikan bandeng ini merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan program ketahanan pangan melalui budidaya ikan. Untuk warga masyarakat pesisir yang menjadi binaan Kolinlamil,” kata Kolonel Ketut.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menyatakan dukungannya terhadap program pembinaan kewilayahan yang dilaksanakan Staf Potensi Maritim Kolinlamil. Menurutnya, kegiatan pelatihan budidaya perikanan yang melibatkan warga binaan Kolinlamil selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu agar seluruh prajurit TNI AL selalu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

“Program pelatihan budidaya ini sangat bagus untuk membekali dan meningkatkan ketrampilan bagi warga binaan Kolinlamil dalam mengembangkan budidaya perikanan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan,” tegas Panglima Kolinlamil. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s