KRI Banjarmasin-592 Embarkasi, Siap Dukung Serpas Satgas Pamtas RI – PNG Puncak Jaya

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Rabu pagi (2/3) KRI Banjarmasin-592 secara perlahan dan pasti mulai merapat dan sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedatangan salah satu KRI jajaran Kolinlamil tersebut dalam rangka menjemput Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang yang selanjutnya akan bergabung dengan rekan-rekannya dari Batalyon Infanteri Raider Khusus 113/Jaya Sakti yang bermarkas di Bireuen, Aceh yang sebelumnya telah diembarkasikan di Lhokseumawe, Aceh. Pasukan TNI AD dari kedua Batalyon tersebut selanjutnya akan diangkut menuju Papua guna melaksanakan penugasan operasi sebagai bagian dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Puncak Jaya tahun 2022.

Sejak kemarin sore (3/3/2022) para prajurit Yonif Raider 301/PKS ini telah tiba di Mako Kolinlamil dan mulai melaksanakan embarkasi berikut material tempurnya. Proses embarkasi personel dan material dilakukan melalui protokol kesehatan mengingat situasi pandemi Covid-19 belum usai.

Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Bambang Purnomo yang ditemui saat mengawasi proses embarkasi menyampaikan bahwa kapal yang dikomandaninya mendapatkan tugas untuk mendukung angkutan laut militer serpas Satgas Pamtas RI-PNG Puncak Jaya.

“Secara operasional KRI Banjarmasin-592 dalam kondisi siap, baik personel maupun materiilnya. Akomodasi untuk pasukan juga sudah kita siapkan, semoga pasukan yang kita angkut dapat merasa nyaman selama pelayaran,” ungkapnya.

Sambil menunggu giliran untuk naik ke kapal perang, beberapa prajurit tampak mengecek kesiapan senjata serta perbekalan yang akan dibawa ke medan tugas. Sebagian besar tampak bercengkerama satu sama lainnya dengan tetap mengambil jarak sesuai protokol kesehatan. Tampak pula beberapa prajurit terlihat berbincang dengan keluarganya melalui sambungan video call.

Suara prajurit KRI melalui pengeras suara dari penjagaan KRI memberikan informasi panduan kepada para prajurit Yonif Raider 301/PKS untuk masuk ke kapal. Dengan tertib dan teratur mereka memasuki kapal perang dengan terlebih dahulu dicek suhu badannya dan mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma di tempat terpisah menyampaikan bahwa dukungan angkutan laut militer adalah salah satu tugas dari Kolinlamil sebagai Kotama Operasional.

“KRI jajaran Kolinlamil yang melaksanakan dukungan angkutan laut militer selain melaksanakan tugas Kolinlamil itu sendiri juga melaksanakan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan,” jelas Panglima Kolinlamil.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s