Uji Akurasi, Unsur KRI Satlinlamil 2 Latihan “Gun Exercise”

Mimbarmaritim.com – Surabaya

Unsur-unsur KRI Satuan Lintas Laut Militer 2 menggelar latihan tembakan kapal atau gun exercise. Pada latihan kali ini, Satlinlamil 2 mengerahkan 4 kapal perangnya yaitu KRI Teluk Youtefa-522, KRI Banjarmasin-592, KRI Teluk Bintuni-520 dan KRI Teluk Parigi- 539. Bertindak sebagai penanggung jawab latihan atau Officer Conducting Serial ditunjuk KRI Teluk Youtefa-522, Rabu (2/2/2022).

Gun exercise yang diselenggarakan di awal bulan Februari 2022 ini merupakan salah satu serial latihan mingguan sebagai bagian dari program kerja dan anggaran Staf Operasi Satlinlamil 2.

“Latihan gun exercise ini diselenggarakan untuk mengukur tingkat kemampuan prajurit KRI khususnya para pengawak persenjataan KRI. Sejauh mana kemampuan mereka dalam mengarahkan dan membidik sasaran dengan cepat dan tepat dihadapkan dengan kondisi cuaca atau lingkungan laut baik itu berupa angin ataupun ombak yang mengakibatkan posisi kapal tidak mungkin dalam keadaan steady,” terang Komandan Satlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin.

4 KRI jajaran Satlinlamil 2 melakukan latihan yang bersifat interoperability antar unsur, sehingga akan menyempurnakan kerja sama taktis jika nantinya terlibat dalam pertempuran laut. Selain itu, juga dilatihkan pengendalian komunikasi dan prosedur penembakan agar semua kegiatan yang dilaksanakan berjalan secara tertib dan cermat sehingga keberhasilan latihan ataupun operasi dapat tercapai.

Secara umum materi latihan penembakan atau gun exercise meliputi briefing artileri, standar prosedur operasi penembak meriam dan prosedur missfire saat penembakan meriam 40 mm, 37 mm dan senapan berat 12,7 mm.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menegaskan prajuritnya dituntut untuk terus mengasah kemampuan menembak menggunakan meriam kaliber 40 mm, 37 mm dan senapan berat Kaliber 12,7 mm.

“Gun exercise merupakan latihan yang selalu dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan. Kemampuan prajurit pengawak persenjataan kapal perang harus sering dilatih agar kemampuannya selalu meningkat. Kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit unsur KRI Kolinlamil,” pungkas Panglima Kolinlamil.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s