Prajurit Satlinlamil 1 Latihan Penyelematan Kapal Terpadu

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satuan Lintas Laut Militer 1 menyelenggarakan latihan Penyelamatan Kapal (PEK) penanggulangan kebakaran di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (2/2/2022). Latihan PEK yang diikuti kurang lebih 100 personel Satlinlamil 1 yang terdiri dari personel staf dan KRI serta didukung Tim Kesehatan Diskes Kolinlamil.

Latihan dimulai dengan simulasi terjadi kebakaran. Sebuah tong yang berisi kayu kering disiram bensin, api yang menyala seolah menjadi sasaran yang siap dipadamkan tim pemadam kebakaran Satlinlamil 1. Setelah api terlihat membesar, salah seorang prajurit berteriak bahwa terjadi kebakaran.

Kemudian mobil pemadam kebakaran dengan satu tim langsung meluncur ke lokasi kebakaran. Sebelum menggunakan semprotan air dari mobil pemadam, kebakaran terlihat masih kecil, kemudian dengan menggunakan karung basah sumber kebakaran di tutup karung basah tersebut.

Dalam latihan tersebut, tampak para prajurit mempraktekkan cara memadamkan api yang sebenarnya, dengan dipandu tim Pemadam Kebakaran memfokuskan materinya pada bagaimana cara mengantisipasi dini terhadap terjadinya kebakaran dengan mengenali jenis kebakaran, sehingga cara penanganannya tepat sasaran dan kerugian dapat diminimalisir.

Menurut Komandan Satlinlamil 1 Jakarta Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi, latihan praktek Penyelamatan Kapal terpadu ini merupakan rangkaian dari rencana latihan yang mencakup teori dan praktek lapangan. Kegiatan latihan ini diselenggarakan untuk memberikan pembekalan kepada prajurit Satlinlamil 1 untuk lebih memantapkan dan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaannya dalam melaksanakan kegiatan penyelamatan kapal khususnya terhadap bahaya kebakaran.

“Kemampuan personel dalam hal penyelamatan kapal dari bahaya kebakaran harus sering dilatihkan agar personel dapat lebih memahami tentang jenis-jenis kebakaran, cara penanggulangannya dan mengetahui alat-alat pemadam serta kegunaannya,” ungkap Komandan Satlinlamil 1.

Dalam latihan yang rencananya akan berlangsung hingga 6 Februari tersebut, para peserta latihan terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti skenario latihan. Terutama saat mempraktekkan pemadaman api dengan menggunakan tabung gas.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s