Prajurit Satlinlamil 2 Latihan Ketrampilan Dukwatpres

Mimbarmaritim.com – Surabaya

Satuan Lintas Laut Militer 2 melaksanakan Latihan Operasi Matra Laut (Latopsmatla) Triwulan I tahun 2022. Latihan kali ini dalam bentuk latihan dukungan perawatan personel (Dukwatpers) yang diikuti 110 orang prajurit berlangsung di Mako Satlinlamil 2 Surabaya, baru-baru ini.

Perwira Staf Operasi Satlinlamil 2 Mayor Laut (P) Ardian Widjanarko menyampaikan bahwa Latopsmatla TW I 2022 dilaksanakan selama 5 hari meliputi teori dan praktek. Pada dasarnya tujuan dari latihan tersebut adalah membekali dan meningkatkan kemampuan prajurit Satlinlamil 2 dalam hal memberikan dukungan perawatan personel. Dalam pelaksanaanya, latihan diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Saat meninjau latihan, Komandan Satlinlamil 2 Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin mengatakan pelaksanaan latihan dukungan perawatan personel berdasarkan Surat Keputusan Kasal No.Skep/1973/XII/2014 tentang pembinaan bidang latihan TNI AL.

“Latihan dukwatpers yang diselenggarakan di Satlinlamil 2 kali ini tentang pelaksanaan tata Upacara deputasi pemakaman yang diatur secara lengkap dalam Tata Upacara Militer (TUM). Dari latihan ini diharapkan prajurit yang berdinas di pangkalan mempunyai kemampuan baik secara perorangan maupun tim (Kesatuan) dalam melaksanakan dukungan perawatan personel sesuai dengan prosedur yang berlaku dan mampu berkoordinasi secara terpadu dengan pihak-pihak yang terkait.”ungkap Dansatlinlamil 2

Tampak dalam latihan, prosedur dan tata urut rangkaian kegiatan upacara deputasi pemakaman sejak dari rumah duka sampai tiba di tempat pemakaman. Setiap personel yang masuk dalam pejabat upacara deputasi pemakaman memiliki tugas, fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

“Latihan deputasi pemakaman harus dilaksanakan berulang-ulang, karena kadangkala para petugas upacara pemakaman ini lupa dengan tahapan tata upacara deputasi pemakaman. Lagipula soal kematian tidak bisa diketahui kejadiannya, maka dalam setiap kesempatan harus kita latihkan, sehingga tidak terdadak saat ada kejadian,” pungkasnya.

Komandan Satlinlamil 2 juga berharap kesiapan personel yang telah melaksanakan latihan ini untuk siap siaga mendukung perawatan personel sebagai unsur bantuan yang diperlukan oleh satuan samping pada saat pelaksanaan kegiatan.

“Personel yang terlibat dalam dukungan deputasi pemakaman harus selalu siap kapan pun bila diperlukan.” katanya berpesan. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s