Pengawak KRI Di Jajaran Pushidrosal Di-Swab Antigen

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Seluruh Personel Kapal Survey jajaran Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melaksanakan Swab Antigen secara massal diatas Kapal Republik Indonesia (KRI). Kegiatan berlangsung diatas geladak KRI Dewa Kembar-932, KRI Rigel-933 dan KRI Spica-934 yang bersandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selasa (25/1/2022).

Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam upaya antisipasi terhadap penyebaran virus varian baru Omicron bagi pengawak KRI. Pelaksanaan Swab Antigen pada internal Satuan KRI ini, merupakan implementasi dari perintah langsung Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. kepada seluruh pengawak KRI serta untuk mendukung penuh program pemerintah dalam upaya mencegah penularan Covid-19, sekaligus memperketat protokol kesehatan di satuan kerja masing-masing. Hal ini juga merupakan sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Swab antigen yang dikenal dengan nama lain Rapid Test tersebut adalah test diagnostik cepat Covid-19 pada sampel yang diambil dari saluran pernapasan. Guna meyakinkan bahwa kondisi personel dalam keadaan prima dan bebas dari Covid-19 khususnya varian baru.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini dilaksanakan oleh personel medis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pushidrosal sebagai tim Tenaga Kesehatan (Nakes), dengan menerjunkan anggotanya sebanyak 6 personel yang terbagi di tiga KRI.

Hingga akhir pelaksanaan Swab antigen tercatat dari seluruh prajurit yang berdinas di KRI sejumlah 112 personel terdiri dari KRI Dewa Kembar-932 : 27 personel, KRI Spica-933 : 41 personel, KRI Rigel-934 : 44 Personel seluruhnya tercatat hasilnya Negatif atau aman.

Sejalan dengan kegiatan di KRI, Pushidrosal juga melaksanakan kegiatan rutin Vaksinasi Booster (Dosis III) yang terus digencarkan bagi seluruh personel dan masyarakat umum di wilayah sekitar Ancol dan Pademangan, guna mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19. Hingga selesai pelaksanaan vaksin, tercatat 23 peserta vaksinasi berhasil divaksin diantaranya untuk vaksin Dosis I jumlah 1 orang, Dosis II sejumlah 1 orang dan Pfizer sebanyak 21 personel untuk militer dan PNS Pushidrosal.

Selama pelaksanaan kegiatan hingga akhir kegiatan seluruh tim nakes dan peserta selalu mentaati protokol kesehatan secara ketat.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s