Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Siapkan Sarana Pelayanan Kenavigasian Angkutan Laut Nataru

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Mengacu pada Surat Edaran Satuan Tugas Pengendalian Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 95 Tahun 2021, dalam rangka menyambut perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Januari 2022.

Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok melaksanakan pengawalan Keselamatan Pelayaran aspek Kenavigasian dalam Wilayah Kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok yang meliputi wilayah perairan dalam provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Lampung, Bengkulu, serta sebagian perairan Provinsi Bangka Belitung dan Kalimantan Barat.

Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, hari ini Minggu (12/12/2021) menjelaskan pihaknya akan mengerahkan seluruh sarana bantu Navigasi Pelayanan, untuk memastikan fungsi dan keandalan 174 Sarana Bantu Navigasi Pelayaran, baik yang dikelola oleh Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok maupun oleh Badan Usaha dan Entitas terkait.

Selain itu, kata Raymond, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok juga menyiapkan sarana Telekomunikasi Pelayanan dan memastikan fungsi, keandalan dan pelayanan telekomunikasi pelayaran, pengawasan serta pengendalian lalulintas, pengawasan cuaca dan aspek keselamatan pelayaran, melalui 5 Stasiun Radio Pantai dan 4 Stasiun Vessel Traffic Services selama 24 Jam.

Menurut dia, akan dilakukan penyiaran atau broadcasting Marine Safety Information ke kapal-kapal melalui kanal-kanal Telekomunikasi Pelayaran yang disediakan pada masing-masing SROP dan VTS maupun melalui NAVAREA-11 NAVTEX SYSTEM. Dan akan dijamin terselenggaranya Jaga Dengar Marabahaya selama 24 Jam melalui Global Maritime Distress Safety Sistem dan kanal telekomunikasi Distress yang ditetapkan.

Raymond menjelaskan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok menyiapkan Kapal Negara Kenavigasian dengan Logistik, Crew dan Armada Kapal Negara Kenavigasian selama 24 Jam untuk sewaktu-waktu dapat dikerahkan. Untuk keperluan melaksanakan perbaikan terhadap Sarana Bantu Navigasi Pelayaran. Membantu dalam hal terjadinya Lonjakan Penumpang Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Memberi bantuan untuk keperluan SAR dan dalam hal terjadinya Marabahaya maupun hal mendesak lainnya.

“Dari sisi pengamatan laut, kami juga akan menyiagakan Tim Surveyor Pengamatan Laut selama 24 Jam untuk sewaktu-waktu dapat dikerahkan. Dalam rangka keperluan diantaranya melaksanakan Pemeriksaan aspek keselamatan pelayaran di alur pelayaran, dan area perairan lainnya. Menerbitkan Publikasi Nautis atau Notice to Mariners dalam timbulnya bahaya pelayaran baru untuk dipublikasikan melalui Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS,” kata Raymond.

Sementara untuk koordinasi, lanjut Raymond pihaknya telah melakukan koordinasi secara aktif dengan Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Syahbandar & Otoritas Pelabuhan dan Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan, Pangkalan Penjagaan Laut & Pantai, Stasiun Cuaca Maritim, Kantor SAR, Operator Pemanduan, Operator Pelabuhan, serta entitas terkait dalam Wilayah Kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok.

Ditambahkannya, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok telah menyelenggarakan POS PELAYANAN dan HOTLINE selama 24 Jam untuk melayani informasi, data, Pengaduan, maupun Konsultasi tentang Aspek Keselamatan Pelayaran, Berita Marabahaya, dan hal-hal terkait lainnya pada: Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Stasiun VTS Tanjung Priok, Stasiun VTS Merak, Stasiun VTS Panjang, Stasiun VTS Cirebon.

“Kami berharap pelayanan Kenavigasian Kelas I Tanjung Priok, untuk angkutan laut Natal 2021 dan Tahun 2022, dapat dioptimalkan dan berjalan lancar serta tidak ada gangguan keselamatan pelayaran. Kami dari Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok beserta Jajaran mengucapkan Selamat Merayakan Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru 2022, Nataru di Rumah Saja, Damai Natal Bersama kita semua,” pungkas Raymond.(Red – MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s