Kolinlamil Hadiri Sosialisasi Probity Audit Untuk APIP

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Inspektur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksma TNI Frendy H Saragih mengikuti kegiatan Sosialisasi Probity Audit Aparat Pengawasan Intern (APIP) TNI Angkatan Laut Tahun 2021 yang di Gedung Auditorium Denma Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap Jakarta Timur, Selasa (7/12/2021).

Irkolinlamil didampingi Inspektur Operasi dan Latihan Kolonel Laut (P) Didi Rustandi, Inspektur Umum Kolonel Laut (E) Ismono dan Inspektur Perbendaharaan Kolonel Laut (S) Gendut Haryono. Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP Dr. Faisal yang menyampaikan Sosialisasi Probity Audit.

Probity Audit adalah kegiatan dalam bentuk assurance dan merupakan Instrumen penting dalam rangka mencegah terjadinya Fraud/Korupsi khususnya dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan integritas pelayanan publik melalui efektifitas hasil audit atas proses pengadaan barang/jasa yang berdasarkan pada peraturan dan prosedur pengadaan barang/jasa. Hal ini akan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara nasional untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengadaan barang/jasa.

Kegiatan ini diikuti oleh Para auditor kotama TNI Angkatan Laut di Seluruh Indonesia. Sebagai pedoman probity audit pengadaan barang/jasa pemerintah bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Penerbitan pedoman Probity Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah tersebut dimaksudkan sebagai panduan bagi APIP Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah serta lnstansi Lainnya dalam melakukan penilaian (independen) untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang/jasa telah dilaksanakan secara konsisten sesuai dengan prinsip dan etika pengadaan serta memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku.

Diharapkan para auditor dapat menambah wawasannya dalam melaksanakan fungsi pengawasan disatker masing-masing sehingga dapat meminimalisir permasalah khususnya dalam pertanggung jawaban hasil pengadaan barang/jasa yang sedang dilaksanakan.

Kegiatan Sosialisasi Probity Audit di Mabesal berlangsung lancar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat mulai masuk gedung melaksanakan swab antigen, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s