Kolinlamil Meriahkan Navy Day Peringatan Hari Armada Ke -76

Mimbarmaritim.com – Surabaya

Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti peringatan Hari Armada ke – 76 yang jatuh pada tanggal 5 Desember. Salah satu satuan pelaksana Kolinlamil di Surabaya, Satlinlamil 2 ikut terlibat dalam gelaran Navy Day di sekitar jalan Tunjungan Surabaya, Minggu (5/12/2021).

Satlinlamil 2 Surabaya turut memeriahkan dengan membuka stand pameran yang berisi berbagai informasi melalui visual tentang Kolinlamil, tugas pokok Kolinlamil sebagai angkutan laut militer tunggal yang mendukung OMP dan OMSP serta menampilkan unsur – unsur KRI jajaran Kolinlamil Satlinlamil 1, 2, 3. Selain itu Satlinlamil 2 juga menampilkan hasil karya pengurus jalasenastri cabang 3 dengan gerobak untuk bazar murah berbagai kreasi makanan dan minuman untuk mendorong kemajuan perekonomian Kota Surabaya.

Navy Day merupakan bentuk perayaan peringatan hari Armada RI yang bertujuan untuk kemanunggalan TNI AL dengan masyarakat.

Selain menjalin kemanunggalan, kegiatan ini untuk memupuk rasa kecintaan masyarakat kepada TNI AL dan mengembalikan marwah Surabaya sebagai Kota Angkatan Laut.

Berbagai acara digelar dalam Navy Day ini, mulai kirab Genderang Suling (GS) yang dimainkan Taruna Taruni AAL dan kirab pasukan, pameran Alutsista, stand pameran masing-masing Kotama TNI AL, music performance, fashion show dan demontrasi Rajawali Laut Flight.

Kegiatan Kirab Pasukan dimulai dari titik start di depan Gedung Siola, Jl. Tunjungan dan finish di Jl. Gubernur Suryo gedung Grahadi, Surabaya dengan jarak sekitar 1.500 meter.

Susunan kirab yakni diawali Banner HUT Armada dan Bendera Merah Putih serta Lencana Perang TNI AL. Kemudian diikuti Peleton Genderang Suling Gita Jala Taruna (± 100 personel), peleton dengan pakaian/tenue PDU II, Peleton Perwira dengan seragam PDU I, Black Navy, PDH Khusus, Peleton Kowal tenue PDU I dan PDU IV, Peleton Bintara tenue PDH Sus dan PDH.

Peleton Tamtama tenue PDP, Peleton Bintara dan Tamtama pakaian PDL TNI AL serta Peleton Pasukan Khusus yang terdiri dari Kopaska, Kapal Selam, Penyelam, Penerbang, Taifib dan Kendaraan Taktis Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), Rantis Paska, Truk Chamber Dislambair, Rantis Marinir dan Mock Up serta Ambulance.

Selain kirab, juga melaksanakan pameran Alutsista yakni, RM 70 GRAD, P6 ATAV, Howitzer 105 MM, Mobil Chamber, ACMAT VLRA, Skuter Air DVP, Sea Rider Impact, Sea Rider NSW, Sea Rider Taifib, Jforce Hard Top, Jforce Soft Top, Skuter Rutinor, RHIB Kopaska, Tank BMP 3F.

Sementara itu, untuk menghibur rakyat peringatan Hari Armada ini TNI AL menggelar Music Performance yang menampilkan antara lain, Kulintang Jalanada, Karawitan Kodiklatal dan beberapa Band Kesatuan TNI AL seperti Band Koarmada II, Band Satkor, Band Satkat, Band AAL, Band Pasmar 2 dan Band Puspenerbal.

Tidak hanya pemusik dari prajurit TNI AL, kegiatan kali ini juga mendatangkan artis-artis nasional. Untuk lebih memperkenalkan seragam TNI AL kepada publik, juga digelar Fashion Show dengan menampilkan seragam TNI AL seperti Pakaian Dinas Upacara (PDU) seperti PDU I Perwira, Bintara dan Tamtama, PDU II dan PDU IV (Perwira), Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI AL dan PDL Marinir, Combat Suit/ Doreng Kopaska, Combat Suit/Doreng Denjaka dan Taifib. Selain itu, Flying Suit Penerbang, Penyelam, Kapal Selam, Provost, VBSS KRI, Black Navy, PDH Khusus, PDL dan PDH Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda.

Stand Pameran dari beberapa Kotama juga digelar agar masyarakat tahu dan paham betul kesatuan-kesatuan TNI AL dan tugas-tugas yang diembannya.

Selain Kolinlamil, kegiatan yang digelar hari Minggu pukul 16.00 – 20.00 WIB, melibatkan Kotama TNI AL antara lain, Kodiklatal, Koarmada I, II dan III, Kormar, Kolinlamil, AAL, Puspenerbal dan Pushidrosal.

TNI AL sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka untuk menanyakan langsung tentang keberadaan Kesatuan TNI AL dan fasilitas yang dipergunakan dalam melaksanakan tugas. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s