KSOP Kelas III Jayapura, Pemda Jayapura Dan Poltekpel Surabaya Sinergi Menyelenggarakan Diklat TKBM Pelabuhan Depapre

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Pemerintah Kabupaten Jayapura penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk TKBM pelabuhan Depapre di Politeknik Pelayaran Surabaya yang dilaksanakan mulai hari ini tanggal 25 sampai dengan 27 November 202. Diklat TKBM ini dilakukan terkait kompetensi dan sertifikasi ketrampilan dalam pelaksanaannya tetap  menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri langsung  Asisten 3 Pemerintah Daerah Jayapura Dr.Timotius Demetouw mewakili Bupati Kabupaten Jayapura, Kepala Dinas Tenaga kerja Mathius Awoitauw, S.H., M.Si Kepala Kantor KSOP Jayapura Capt Roni Fahmi, Kepala Bidang Bappeda Kabupaten Jayapura, Kasie Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Kelas II Jayapura dan Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Sugiyono, M.MTr bersama-sama dengan para pengajar.

Asisten 3 Mewakili Bupati Jayapura Dr.Timoteus Demetouw dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya diklat bagi TKBM Pelabuhan Depapre. Sehingga ke depannya para TKBM ini menjadi paham agar regulasi dan tata kerja untuk bekerja dipelabuhan terkait dengan keselamatan kerja yang telah tertuang didalam perjanjian kesepahaman (MoU).

“Selain itu, kami juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam KSOP Kelas II Jayapura yang telah membantu memfasilitasi kegiatan ini dengan Poltekpel Surabaya. Untuk dilakukan diklat TKBM guna mendukung kelancaran kegiatan bongkar muat di pelabuhan Depapre nantinya,”ujarnya. 

Sementara, Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Sugiyono, M.MTr mengatakan dengan dilakukan pembelajaran terkait diklat kompetensi untuk para TKBM Pelabuhan Jayapura dapat membawa dampak positif untuk daerah dan diharapkan kegiatan diklat ini tetap berlangsung terus.

Lebih lanjut dikatakan bahwa para TKBM ini setelah selesai diklat akan mendapatkan 2 (dua) sertifikat yaitu sertifikat ketrampilan dari Poltekpel Surabaya dan sertifikat uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura Capt Roni Fahmi mengungkapkan bahwa diklat tersebut bertujuan untuk meningkatkan para TKBM didalam ketrampilan dan kompetensi, sehingga dapat melindungi TKBM sendiri didalam menghadapi kedepan keterbukaan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Capt Roni menyebutkan para peserta diklat ini sebanyak 18 orang dan semuanya adalah para TKBM dari pelabuhan Depapre dan ini adalah diklat yang kedua kalinya dilaksankam untuk para TKBM dari pelabuhan Depapre. Karena  Diklat yang pertama telah dilaksanakan di Poltekpel Makassar dengan melibatkan 14 orang peserta diklat dari TKBM Pelabuhan Depapre.

Menurut Capt Roni, kegiatan Diklat tersebut merupakan diklat untuk para TKBM yang pertama kali di Indonesia Bagian Timur khususnya untuk wilayah Maluku dan Papua terkait peningkatan kualitas profesi buruh pelabuhan atau TKBM.

“Kami berrharap para TKBM setelah mengikuti diklat ini dapat meningkatkan sikap, perilaku, terutama pengetahuan akan pentingnya kesempatan kerja di pelabuhan dan ketrampilan didalam bekerja sehingga bisa lebih profesional nantinya,” pungkasnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s