INAMPA Dengan TNI AL Melaksanakan MoU Sinergitas Kemaritiman  Tingkatkan Kinerja Bersama

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah mewujudkan Tol Laut dan Presiden RI Jokowi menjadikan Indonesia sebagai ” Poros Maritim Dunia”, maka keberadaan dan Peran Indonesian Maritim Pilots’ Association (INAMPA) sangat penting dan menentukan terutama di Sektor Angkutan Laut, Jasa BNN, Jasa Kemaritiman dan Logistik, terutama dalam kaitan dengan Keselamatan Maritim (Maritime Safety). 

Sebagaimana diamanatkan dalam Ordonasi Internasional tentang Maritime Safety / Peraturan Internasional Maritime Organization (IMO) dan SOLAS Regulation Chapter V tentang Safety Navigation serta UU Pelayaran No. 17/2008, dan Permenhub No. 57 Tahun 2015 Tentang Pemanduan.

Bertempat di Museum Maritim  Pelabuhan Tanjung Priok hari Selasa ( 2/11/2021) telah dilaksanakan acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Asisten Operasi (Asops) KASAL Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., mewakili Kepala Staf TNI-AL (KASAL) dengn Presiden Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja. Dengan tema “Sinergitas Kemaritiman Untuk Peningkatan Kinerja Bersama.”

Ketua  panitia penyelenggara penandatanganan kerjasama antara TNI AL dengan INAMPA Capt Agoes Suryanto S.H., M.H., saat mengawali acara menyampaikan laporan mengatakan bahwa setelah menyaksikan penandatanganan  nota kesepahaman kerjasama TNI AL dengan INAMPA, semoga dengan penandatanganan peningkatan kerjasama kedepannya akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Untuk melancarkan pelayanan di perairan pelabuhan dan pelayanan pemanduan kapal.

“Kami dari tim panitia penyelenggara kegiatan ini, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak atas terselenggaranya acara penandatanganan kerjasama ini,” kata Capt Agoes.

Capt Agoes juga menyampaikan terimakasih kepada General Manager PT Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung Priok Regional 2, PT Pelindo Logistik, dan para Ketua DPD INAMPA seluruh Indonesia.

Presiden Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Pasoroan Herman Harianja dalam sambutannya menjelaskan bahwa Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) adalah Organisasi Resmi Maritime Pilots’  yang dibentuk tahun 2003 sebagai wadah pemersatu dan forum komunikasi Para Perwira Pandu Maritim (Maritime Pilots’) yang bekerja diseluruh wilayah Perairan Indonesia baik yang bertugas di pelabuhan Umum, Terminal Khusus, Perairan Lepas Pantai (Off Shore) dengan anggota kurang lebih 1200 Perwira Pandu. Dengan tugas utama Keselamatan Maritim melalui Pemanduan Kapal – Kapal yang keluar/masuk Pelabuhan, Perairan wajib Pandu dan Perairan Pandu Luar Biasa dan di daerah Perairan Lainnya didalam Yuridiksi Indonesia.

Pasoroan Herman Harianja mengatakantujuan acara ceremonial Penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk membangun kemitraan dan sinergitas antara Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI-AL) sesuai dengan prinsip-prinsip yang saling bermanfaat. 

Dengan mengoptimalkan Sumber Daya yang dimiliki untuk meningkatkan profesionalisme dalam rangka pelaksanaan kerjasama bela negara dan menjaga keutuhan wilayah NKRI terutama dalam Yurisdiksi Perairan Republik Indonesia dalam perspektif : keselamatan maritim (maritime safety), keamanan maritim (maritime security), perlindungan lingkungan maritim (maritime environmental protection) daan keberlanjutan maritim (maritime sustainability).

Menurut dia, melalui Nota Kesepahaman (MoU) ini diharapkan daya saing Kemaritiman Indonesia semakin kompetitif dan memberikan nilai tambah kepada seluruh stakeholders baik yang ada didalam maupun diluar Negeri serta mampu menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Tentunya dengan memberdayakan secara optimal keberadaan ALKI I, II, III termasuk jalur penting Selat Malaka dalam perspektif Maritime Safety, Maritim Security, Maritime Environtmental Protection dengan tujuan akhir Maritime Sustainbility,” katanya.

Sementara Asisten Operasi (Asops) KASAL Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) dalam sambutannya mengatakan kerjasama antara TNI AL dan INAMPA  adalah untuk membangun  kemitraan dan sinergitas sesuai dengan prinsip-prinsip saling membantu. Kerjasama dilaksanakan untuk menjaga keutuhan wilayah perairan NKRI dalam perspektif keselamatan maritim dan perlindungan lingkungan – lingkungan keberlanjutan maritim.

Lakmana Muda Dadi Hartanto mengatakan dengan adanya kerjasama antara TNI AL dengan INAMPA diharapkan dapat mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran. Sehingga potensi bisnis maritim dapat memberikan kontribusi pendapatan secara nasional. Dengan  memberdayakan SDM yang memiliki skill dan akses  yang dapat memberikan kemajuan kemaritiman Indonesia yang memiliki daya saing global.

“Semoga dengan adanya kerjasama TNI AL dengan INAMPA kedepannya dapat mendukung penuh program pemerintah khususnya menjadikan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia. Dengan sinergitas seluruh komponen maritim dalam pengembangan SDM kemaritiman dan pendampingan tenaga ahli melalui kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja yang baik,” jelasnya.

Acara penandatanganan kerjasama  antara TNI AL dengan INAMPA diakhiri dengan pembacaan Doa oleh Capt Haji Umar Hadi dari Pengurus INAMPA. Dan dilanjutkan acara ramah tamah seluruh undangan, dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Hadir dalam kegiatan INAMPA tersebut diantaranya Aspotmar KASAL Mayjen TNI (mar) Widodo Dwi Purwanto mewakili KASAL, ASOPS KASAL Laksda TNI Dadi Hartanto M.Tr (han), Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Adedharma SE.MM.Msc., Pangkolinlamil Laksda TNI Erwin Aldedharma, Wakapushydrosal Laksda Budi Purwanto,ST.M.M, Dirjen PSDKP Kementrian Kelautan dan Perikanan Laksda TNI Adin Nurawaludin, M.Han, Deputi Opslat Laksda DR TSNB Hutabarat, Kepala Kantor Disnav Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi,

 Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok diwakili Kabid SHSK Capt Hendrik, Kantor Otoritas Utama Pelabuhan Tanjung Priok diwakili Kabid Lala Dedi Hernanto, Kantor Otoritas Tanjung Priok, Kepala PSDKP Jakarta Sumono, Kepala Pangkalan PLP Capt.Wahyu Prihanto, Ketua Umum APBMI, H Juswandi Kristianto, Generl Manager Regional 2 Tanjung Priok Silo Santoso. STIP Jakarta Dr.Ali Muktar Sitompul, Satpolair Tanjung Priok, Direktur Akademik PMLI Nuryadin Suruh, Kadin Jakarta Utara Sudirman, Direktorat Navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut DJPL, Muladi, para Ketua DPW I, II, III, IV, V, VI INAMPA. dan BP2TL, Erwin CH Budiarman.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s