Dr.Riman S Duyo S.H., M.H. Mantan Direktur Operasi PT Pelindo IV (Persero) Terpilih Sebagai Ketua IKAPEN IV

Dr.Riman Sulaiman Duyo S.H., M.H. Ketua IKAPEN IV

Mimbarmaritim.com – Makassar

Ikatan Pensiunan PT Pelabuhan Indonesia IV (IKAPEN IV) telah menggelar acara musyawarah anggota yang pelaksanaannya secara off line dan secara on line bagi anggota yang tidak sempat hadir di gedung Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Minggu (26/9/2021).

Dalam musyawarah anggota tersebut secara aklamasi menunjuk Dr.Riman Sulaiman Duyo S.H., M.H. sebagai Ketua IKAPEN IV yang juga mantan Direktur Operasi PT Pelindo IV. Saat ini wadah ikatan pensiunan PT Pelindo IV (Persero) beranggotakan kurang lebih 2000 orang.  

Di lingkungan PT Pelindo I, II, III, IV (Persero), masing-masing memiliki wadah ikatan pensiunan dengan nama IKAPEN I pada PT Pelindo I (Persero), IKAPEN II pada PT Pelindo II (Persero), IKAPEN III pada PT Pelindo III (Persero), dan IKAPEN IV pada PT Pelindo IV (Persero). 

Selain Direksi PT Pelindo IV (Persero), salah satu stakeholder IKAPEN, adalah Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan (DP4) dan Pengerukan yang mengelola dana gaji pensiun seluruh pensiunan PT Pelindo I, II, III, dan IV (Persero). 

Dr.Riman S. Duyo S.H., M.H. terpilih secara aklamasi masa bakti tahun 2021-2024, menggantikan Alif Abadi yang juga mantan Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV (Persero) periode tahun 2014-2017. 

Pelaksanaan musyawarah anggota IKAPEN ini dipimpin Sumardiyo juga mantan Direktur Keuangan PT Pelindo IV (Persero) periode tahun 2009-2014 .

Sumardiyo selaku pimpinan musyawarah anggota IKAPEN IV dalam sambutannya menyampaikan semoga kepengurusan periode tahun 2021-2024 ini, IKAPEN IV dapat lebih meningkatkan performansi organisasi yang berdampak terhadap kesejahteraan anggota IKAPEN. Terutama untuk merespon adanya merger PT Pelindo I, II, III, IV (Persero) menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

“Hal ini, merupakan tantangan tersendiri, karena koordinasi dan sinergitas IKAPEN IV selama ini, salah satunya adalah dengan Direksi PT Pelindo IV (Persero). Karena dengan bubarnya PT Pelindo IV (Persero), maka Ikapen IV agar segera melakukan koordinasi dengan Ikapen lainnya,”jelasnya.

Untuk itu, kata Sumardiyo, agar pengurus baru segera menyikapi dan menindaklanjuti hal – hal yang penting pasca mergernya PT Pelindo I, II, III, IV (Persero).

Sementara, Riman S. Duyo mengatakan perihal pertama yang perlu dilakukan pengurus dan ini sangat urgent adalah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pengurus IKAPEN I, II, III dan IV.

Menurut dia, bahwa IKAPEN perlu segera melakukan koordinasi, mengingat masing-masing stakeholder Ikapen, PT Pelindo I, II, III, dan IV (Persero), akan melakukan merger yang rencana pada tanggal 1 Oktober 2021. ” Ketika Pelindo sudah merger, Lalu bagaimana dengan Ikapen ?,” ujar Riman bertanya.

Lebih lanjut Riman mengungkapkan dirinya akan mengusulkan dalam pertemuan koordinasi nanti, Ikapen I, II, III, dan IV agar melebur menjadi satu Ikapen saja. Sehingga level koordinasi dengan stakeholder sama.

Selain itu, kata Riman kedepan akan mudah bagi manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) hasil merger dalam melakukan koordinasi dan sinergitas dengan Ikapen bersatu dibandingkan jika tetap terklaster I, II, III, dan IV.

Ditambahkannya, IKAPEN IV akan membawa konsep, agar Ikapen bersatu keluar dari DP4 sebagai pengelola dana pensiun pelabuhan dan pengerukan. Selanjutnya mencari alternatif pengelola dana pensiun lainnya.Karena Dana Pensiun Perusahaan Pelabuhan dan Pengerukan (DP4) dinilai tidak mampu meningkatkan kesejahterakan anggota. 

“Hal ini dapat dibuktikan banyaknya keluhan terhadap pelayanan dan pengelolaan DP4 saat ini. Salah satu contoh, perubahan pembayaran gaji bulan berjalan, yang semula dibayarkan pada akhir bulan, berubah menjadi ke awal bulan berjalan. Permasalahan ini saja sudah menimbulkan banyak pertanyaan anggota,” terangnya.

Dikatakannya, hal ini tentunya baru merupakan konsep pengurus IKAPEN IV, kedepan masih membutuhkan pembahasan dan koordinasi secara terpadu dengan IKAPEN lainnya.

“Dalam waktu dekat, kami akan menyusun kepengurusan IKAPEN IV, agar organisasi ini dapat berjalan secara optimal dan memberi warna baru bagi seluruh pensiunan,”pungkas Riman.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s