Dirjen Hubla Kunjungi Mako Pushidros TNI-AL, Jalin Kolaborasi Untuk Mendukung Keselamatan Pelayaran

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kolaborasi antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di bidang Hidrografi, dalam rangka mendukung Keselamatan Pelayaran di perairan Indonesia, Dirjen Perhubungan Laut Ir. R. Agus H. Purnomo, M.M. kunjungi Mako Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), Selasa (31/8/2021) kemarin.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., memberikan kesempatan kepada Dirjen Perhubungan Laut, untuk dapat melihat secara langsung proses pembuatan dan pemeliharaan peta laut di Dinas Produksi dan Distribusi serta Dinas Pemetaan Pushidrosal sebagai muara akhir. Dalam proses produksi peta laut setelah menerima data hidro-oseanografi hasil survei sesuai dengan standar Internasional yang telah dimandatkan Internasional Maritime Organization (IMO).

Salah satu produk yang terkait dengan proyek strategis nasional yaitu Peta Laut Pelabuhan Patimban yang saat ini menjadi perhatian Kementerian Perhubungan ditampilkan di sela-sela kunjungan Dirjen Agus.

Dirjen Agus mengatakan secara bertahap kedalaman alur Pelabuhan Patimban akan terus diadakan pengerukan sampai dengan mencapai kedalaman 14 meter hingga Tahun 2023. Sehingga kapal-kapal berdimensi besar dapat bersandar.

Pada kesempatan yang sama Komandan Pushidrosal juga menyampaikan bahwa Pushidrosal sangat mendukung dan siap untuk senantiasa meningkatkan dan memperbaharui peta laut, khususnya Peta Laut Pelabuhan Patimban agar kapal-kapal di seluruh dunia dapat mendekat dan berlabuh di Pelabuhan Patimban secara aman dan sesuai standar navigasi internasional. Sehingga Pelabuhan Patimban turut berkonstribusi dalam mewujudkan pembangunan ekonomi dari sektor Maritim.

Komandan Pushidrosal menuturkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal akan terus melakukan upaya-upaya peningkatan penyediaan ENC diseluruh perairan NKRI. Untuk meningkatkan keselamatan bernavigasi maupun dalam mendukung upaya perlindungan lingkungan laut serta pariwisata Bahari. Khususnya dalam mendukung kebijakan strategis nasional menuju “Indonesia Maju” dan mewujudkan visi Pemerintah Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dirjen Agus menambahkan bahwa peran Pushidrosal sebagai produsen peta laut harus terus di sosialisasikan kepada pengguna agar semua pihak dapat menyadari betapa pentingnya data Hidrografi dan Peta Laut dalam menjamin keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.

“Karena masih banyak pembangunan pelabuhan-pelabuhan baru yang belum di informasikan ke Pushidrosal, belum terpetakan akan berdampak terhadap kapal-kapal yang akan memasuki pelabuhan merasa tidak terjamin keselamatannya tanpa publikasi Peta Laut resmi dari Lembaga Hidrografi.

“Hal ini, tentu sangat perlu memerlukan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder terkait khususnya antara Pushidrosal dengan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,” pungkas Dirjen Agus. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s