Menteri KKP Lepas Ekspor Ke 40 Negara

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono Saat Acara Pelepasan Ekspor Ikan, Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (14/4/2021)

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono melepas ekspor produk perikanan Indonesia, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/4/2021)

Pelepasan ekspor diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM KHP) di 22 bandara dan 23 pelabuhan laut yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pelepasan ekspor  dipusatkan di pelabuhan Tanjung Priokyang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini juga sebagai penanda dimulai Bulan Mutu Karantina (BMK) 2021.

Pelepasan kali ini bertajuk “Indonesia Satu Ekspor” Menteri KKP melepas produk ekspor perikanan Indonesia yang mencapai 11.637 ton atau senilai Rp1,012 triliun.

Pelepasan ekspor ini juga yang pertama kalinya yang dilaksanakan langsung Sakti Wahyu Trenggono selama menjabat sebagai Menteri KKP.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutannya saat pelepasan ekspor mengatakan bahwa kegiatan adalah bagian dari upaya kita memotivasi semangat memajukan sektor kelautan dan perikanan untuk lebih maju lagi, mengingat saat ini situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Pada kesempatan itu, Menteri Trenggono juga meminta jajaran BKIPM KHP untuk memfasilitasi para pelaku usaha perikanan agar dapat eksis di pasar dunia.

Diantaranya dalam pendampingan, sertifikasi, profiling potensi pasar, hingga memperkuat peran sebagai quality assurance dari produk yang dihasilkan pelaku usaha.

Menteri KKP kepada para pelaku usaha, mengimbau agar menerapkan prinsip sanitasi dan higienis yang baik dalam proses produksi.

Menurutnya, dengan sistim seperti itu produk yang dihasilkan memiliki jaminan mutu sehingga mampu bersaing di pasar global.

“Seluruh hal yang kita laksanakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional, sekaligus menciptakan iklim usaha dan investasi yang lebih baik,” jelasnya.

Menteri KKP pada kesempatan itu mengapresiasi pelaksanaan Bulan Mutu Karantina Ikan 2021 oleh BKIPM KHP sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan juga pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan.

Produk perikanan kali ini akan diekspor ke 40 negara tujuan yang tersebar di Benua Asia, Eropa, dan Amerika.

Komoditasnya terdiri dari 157 jenis perikanan dengan rincian perikanan hidup, segar, beku, dan produk olahan ikan.

Sementara itu, Kepala BKIPM KHP, Rina, mengungkapkan bahwa kegiatan Indonesia Satu Ekspor menggambarkan bahwa produksi perikanan Indonesia terus bergerak.

“Hari ini menggambarkan bahwa produk perikanan terus bergerak dan kami berkomitmen meningkatkan pelayanan,” ungkapnya.

Terkait dengan BMK 2021, Rina menjelaskan akan dilaksanakan selama 2 bulan dan dimulai sejak 14 April hingga 14 Juni 2021, di Kantor BKIPM KHP Pusat dan 47 UPT KIPM di seluruh Indonesia.

Launching BMK 2021 dan kegiatan Indonesia perdana ekspor tersebut juga disaksikan oleh sejumlah kepala daerah secara online melalui virtual. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s