COAST GUARD

KSOP Kelas IV Marunda Lakukan Uji Coba Inapornet Penerbitan SPB On line

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Marunda Iwan Sumantri Saat Uji Coba Pelayanan Sistem Inapornet Penyerahan SPB On line (16/11/2020).

Mimbar Maritim – Jakarta
Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Marunda dalam rangka meningkatkan pelayanan angkutan laut. Di era digitalisasi sekarang sudah saat menerapkan pelayanan sistem Inapornet dipelabuan Marunda.

Kantor KSOP Kelas IV Marunda Iwan Sumantri mengatakan sebelum menerapkan pelayanan sistem Inapornet, pihaknya telah menyelenggarakan beberapa tahap terkait Inapornet mulai dari pengenalan dan pelatihan terhadap operator atau pegawai KSOP Marunda yang betugas dalam pelayanan sistem Inapornet dan BUP (Badan Usaha Pelabuhan).

“Sedangkan tahap selanjutnya, kami juga sudah melaksanakan sosialisasi penerapan pelayanan sistem Inapornet kepada stakeholder pelabuhan yaitu Pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dan BUP,” demikian disampaikan Iwan Sumantri kepada Mimbar Maritim diruang kerjanya mengakhiri tugasnya selaku Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Marunda, Selasa (24/11/2020).

Iwan Sumantri menjelaskan setelah pelaksanaan sosialisasi kepada stakeholder pelabuhan, selanjutnya KSOP Kelas IV Marunda salah satu pelabuhan diantara 20 pelabuhan yang terpilih untuk melakukan penandatanganan Pakta Integritas di Kantor Kementerian Perhubungan Pusat Rabu (18/11/2020) terkait penerapan pelayanan sistem Inapornet. 

Lebih lanjut, Iwan mengatakan setelah penandatanganan Pakta Integritas, KSOP Kelas IV Marunda langsung melakukan uji coba perdana penerapan pelayanan sistem Inaportnet, walaupun penerapan penuh Inapornet akan di launching pada Desember 2020.

” Hal ini, sebagai komitmen kesiapan KSOP Kelas IV Marunda menerapkan sistem pelayanan inapornet dipelabuhan Marunda. Kami telah makukan uji coba penerapan Pelayanan Sistem Inapornet. Dengan tujuan agar diketahui sejauh mana kesiapan nyata dan kendala yang ada setelah secara teknis dipersiapkan,”ujar Iwan.

Uji coba perdana yang sudah dilakukan Kantor KSOP Kelas IV Marunda yaitu penyerahan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) On line perdana pada tanggal 16 Nopember 2020 kepada pengguna jasa. Dengan menerapkan sistem pelayanan Inapornet dan dilakukan langsung oleh Iwan Sumantri selaku Kepala KSOP Kelas IV Marunda.

“SPB On line perdana tersebut diserahkan kepada agen Pelayaran PT. Tama Samudra Line untuk kapal TB. Hector 838 dan TK. PBM 838. Hal ini, merupakan wujud nyata dari semangat KSOP Kelas IV Marunda untuk memenuhi pelayanan berintegritas dan berorientasi digital agar tercipta pelayanan yang lebih efisien, bersih, cepat dan tepat bagi para pengguna jasa pelayaran,” terang Iwan.

Iwan juga menambahkan, terwujudnya pelayanan On line perdana tersebut tentu hal ini bukan akhir dari perjuangan perbaikan, akan tetapi akan terus di lakukan evaluasi. Dalam perjalanannya agar diketahui sisi kekurangan maupun kelebihan nya. Sehingga dapat terus melakukan peningkatan dan perbaikan sistem pelayanan di Kantor KSOP Kelas IV Marunda.

“Karena pelayanan terbaik bagi masyarakat Bahari adalah tujuan utama kami, oleh karena itu kami terus berusaha dan berupaya berbenah disegala bidang terutama terkait dengan pelayanan,” tutup Iwan.(Ody – 01).

Kategori:COAST GUARD, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s