Korban Jiwa Nihil, Kebakaran Petikemas Pada Kapal KM.Armada Serasi

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Kapal KM. Armada Serasi jenis kontainer bendera Indonesia milik PT Salam Pasific Indonesia Line (SPIL) dengan muatan peti kemas dari pelabuhan asal Batam, mengalami kebakaran petikemas. Kejadian tersebut saat kapal berada di luar dam pada posisi 06’02’26’S/106’53’51’E atau di kawasan labuh Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (19/11/2021) sekitar jam 17.00 WIB.

Kepala Kantor Syahbandar Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono dalam keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, Sabtu (20/11/2021) mengatakan kejadian kebakaran kontainer (petikemas) pada kapal KM Armada Serasi, bahwa kerusakan kapal lagi di evaluasi. “Kerusakan kapal ini terdapat pada palka No.2 sedang dievaluasi dan menunggu proses investigasi pemeriksaan dari Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok,” katanya.

Andi Hartono, menjelaskan bahwa kronologis kejadian kebakaran kontainer pada kapal KM.Armada Serasi pada tanggal 19 Nopember 2021, pihaknya mendapat informasi dari PT Pelabuhan Indonesia ( Persero) Cabang Tanjung Priok Regional 2. Dalam keterangannya adanya asap yang timbul dalam kapal KM Armada Serasi dan melakukan permohonan bantuan kapal tunda untuk pemadaman pada kapal KM Armada Serasi tersebut.

Lebih lanjut, Andi Hartono mengatakan KSU Tanjung Priok seketika itu juga melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait yakni Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Pemanduan Pelabuhan Tanjung Priok, Pangkalan PLP Tanjung Priok, keagenan kapal (perwakilan perusahaan), untuk melakukan upaya pertolongan.

” Kami juga telah melakukan berbagai upaya pertolongan diantaranya dengan mengirimkan bantuan kapal Tunda TB.Bima 034, KNP.356 dan RIB 01 milik KSU Tanjung Priok kelokasi kejadian guna pengendalian keselamatan. Selain itu, mengerahkan kapal KN.Jenbio milik Pangkalan PLP Tanjung Priok ke lokasi kejadian,” jelas Andi Hartono.

Sementara itu, Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Capt Herbert E.P. Marpaung menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pengamatan di lapangan sumber asap berasal dari palka No.2. Namun guna mencegah terjadinya kebakaran kapal dan sebagai upaya pemadaman tepat sasaran terhadap sumber asap telah dilakukan upaya penyelamatan diantaranya : melepaskan CO2 sistem kapal kedalam valka 2, secara terus menerus melakukan pendinginan menyiram air ke palka No.2 menggunakan pompa pemadam kapal KM.Armada Serasi dan kapal TB Bima 034.

“Pukul 20.00 WIB sudah dilaksanakan transfer muatan kontainer dan sekitar pukul 17.30 WIB kapal RIB 01 tiba di lokasi kejadian langsung melakukan pemantauan situasi dan pengendalian keselamatan dan keamanan pelayaran. Pukul 17.49 WIB TB Bima 034 tiba di lokasi kejadian dan segera melakukan bantuan melalui penyiraman kepada sumber asap pada kapal KM Armada Serasi. Atas kejadian ini tidak ada ditemukan adanya kobaran api pada kapal KM Armada Serasi dan situasi perairan aman untuk lalu lintas keluar masuk kapal,” terang Capt Herbert.

Lebih lanjut, Capt Herbert menyebutkan pukul 18.00 WIB kapal KNP.356 dan KN Jenbio setelah tiba dilokasi kejadian, segera melakukan koordinasi di lapangan untuk pengendalian aspek keselamatan dan kesehatan pelayaran. Pada pukul 20.00 WIB dilaksanakan transfer muatan kontainer yang berada diatas palka No.2 ke kapal KM Teluk Barau.

Capt Herbert menambahkan untuk penanggulangan kebakaran KM Armada Serasi, Sabtu 20 Nopember 2021 masih terus dilakukan pendinginan dengan menyiram area valka No.2 menggunakan pompa pemadam KM Armada Serasi dan kapal TB Bima 034. Saat transfer muatan KM Armada Serasi juga dibantu Kapal Kaimana Indah. Sekitar Pukul 09.30 WIB kontainer yang diduga sumber asap atau api berhasil dinaikkan keatas palka setelah dibuka dan ditemukan isi muatan dalam kontainer telah hangus terbakar.

“Pukul 15.00 WIB, upaya pendinginan melalui pompa pemadam KM Armada Serasi dan TB Bima 034 dihentikan dan kesempatan itu, kami langsung melakukan evaluasi terhadap kondisi kapal dan kontainer lainnya,” ungkap Capt Herbert.

Setelah diyakini kondisi kapal KM Armada Serasi aman dari kebakaran kata Capt Herbert, pukul 15.10 WIB Petugas Pemeriksa Kelaiklautan Kapal (Marine Inspector dan PSCO) naik keatas KM Armada Serasi, untuk melakukan evaluasi Kelaiklautan kapal sebagai pertimbangan keselamatan dalam penyandaran kapal ke dermaga, guna pembongkaran muatan dan investigasi lebih lanjut.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s