COAST GUARD

Kemenhub Kembali Gelar Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020

Kepala Sub Direktorat Pemanduan dan Penundaan Kapal, Yoshua P. S. I. Anthonie Saat Membuka Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 (5/11/2020)

Mimbar Maritim – Bogor

Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kepelabuhanan kembali menyelenggarakan Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 selama 33 (tiga puluh tiga) hari pada tanggal 5 November sampai dengan 7 Desember 2020, diikuti 27 (dua puluh tujuh) orang peserta.

Direktur Kepelabuhanan Subagio, yang diwakili Kepala Sub Direktorat Pemanduan dan Penundaan Kapal, Yoshua P. S. I. Anthonie secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 bertempat di Kampus 1 IPC Ciawi, Bogor Jawa Barat hari ini Kamis (5/12/2020)

Pelatihan pandu ini diselenggarakan secara berkesinambungan sesuai dengan IMO Resulution A. 960 dan amanat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal.

“Pemerintah sebagai competent pilotage authority secara berkesinambungan menyelenggarakan pelatihan pandu. Untuk memenuhi tingkat kecukupan sumber daya manusia bersertifikat pandu yang kompeten dan professional, serta menjunjung tinggi martabat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Yohsua P. S. I. Anthonie saat menyampaikan sambutan Direktur Kepelabuhanan.

Yohsua mengatakan pelatihan ini diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan para pandu yang semula telah bersertifikat pandu tingkat II menjadi bersertifikat pandu Tingkat I. Dimana pelatihan ini, para peserta akan dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Untuk melaksanakan pemanduan bagi kapal yang berukuran panjang kapal tidak terbatas tapi tidak untuk perairan laut dalam.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada para peserta dapat menggunakan kesempatan yang berbahagia ini dengan sebaik-baiknya dan tetap mempertahankan tingkat disiplin yang tinggi, serta selalu menjaga kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid -19,” jelas Yohsua.

Yohsua pada kesempatan itu, menyampaikan harapan kepada peserta agar ilmu pengetahuan dan kerampilan yang telah didapatkan dalam pelatihan tersebut, dapat diimplementasikan di tempat unit kerja masing – masing. “Akhir kata saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat,” pungkas Yohsua.

Sementara Itu, Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Pemanduan dan Penundaan Kapal, Sarana Bantu dan Prasarana Pemanduan, Patrick Pardede mengatakan Pelatihan Pandu Tingkat I Angkatan V Tahun 2020 diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang bekerjasama dengan PT. Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL).

Patrick menyebutkan pelatihan kali ini diikuti oleh 27 (dua puluh tujuh) orang peserta yang terdiri dari PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) sebanyak 9 (sembilan) orang peserta, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebanyak 10 (sepuluh) orang Peserta, PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sebanyak 5 (lima) orang peserta dan swadana 3 (tiga) orang peserta.

“Selama pelatihan berlangsung para peserta akan diberikan pembekalan dan pembelajaran di Kampus 1 IPC Ciawi, Bogor. Pada pelatihan ini di lanjutkan dengan praktek simulator di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut, Jakarta dan diakhiri dengan praktek memandu kapal di Perairan Pandu Banten,” tutup Patrick.(Ody-01).

Kategori:COAST GUARD, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s