MARITIM

Polsek Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

Mimbar Maritim – Jakarta

Musibah kebakaran akhir – akhir ini sering terjadi khususnya di wilayah DKI Jakarta, baik dipemukiman penduduk, perusahan industri dan instansi.

Belum lama kita mendengar terjadi musibah kebakaran yang di alami gedung Kejaksaan Agung di Jakarta Selatan yang hampir sebagian gedung utama di lahap si jago merah.

Untuk menghindari  dan mengetahui bagaimana caranya pemadaman kalau terjadi kebakaran. Anggota Polsek  Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa melakukan simulasi pemadaman kebakaran.

Simulasi pemadaman kebakaran tersebut mendatangkan instruktur dari tim Damkar IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok dan kendaraan beserta alat pemadam bermacam jenis Avar.

Simulasi tersebut di gelar di depan halaman Polsek Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (27/8/2020).

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa AKP Slamet Rianto S.IK, S.H., MSi dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih pada tim Damkar IPC Cabang Tanjung Priok dan IPC Cabang Sunda Kelapa. Telah mengenali dan memberikan simulasi peragaan bagaimana caranya untuk pemadaman api dan alat fungsi avar kepada anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kapolsek mengatakan kegiatan ini merupakan pembelajaran untuk mengatasi atau mencegah musibah kebakaran yang ada di wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa khususnya. 

“Kegiatan ini juga bisa memberikan kita ilmu baik secara teori dan praktek di lapangan, jika ada terjadi kebakaran yang kita tidak inginkan,” katanya.

Dalam kegiata tersebut kata Kapolsek melibatkan hampir semua anggota mengikuti simulasi, mulai dari Kanit dan anggota dengan semangat dan serius mempelajari cara memadamkan api ketika terjadi kebakaran.

Simulasi kebaran ini, satu persatu anggota mengikuti simulasi  cara pemadaman, mulai dari Kapolsek, Kanit dan anggota mengikuti cara pemadaman api. Dengan menggunakan media bahan yang mudah terbakar, mulai dari minyak, gas, dan kayu.

Hekta salah satu dari anggota Damkar dari IPC Cabang Tanjung Priok, pada kesempatan itu mengatakan,ada tiga cara untuk menghentikan api ketika terjadi musibah kebakaran. 

Ia menjelaskan yang pertama isolasi, yaitu isolasi tunggu penutup oksigennya untuk mengurangi api itu. Sedangkan yang kedua mengacak-acak bahan bakarnya untuk tidak menjadi bahan api  menyala dan yang ketiga di pecahkan bahan kimianya dengan air.(Ody-01).

Kategori:MARITIM, PELABUHAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s