MARITIM

Saat Sandar Prajurit KRI Teluk Hading 538 Simulasikan Pembebasan Sandera

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Prajurit KRI Teluk Hading 538 melaksanakan latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) terbatas. Dengan melibatkan unsur Sea Reader Satrol Lantamal X Jayapura di Dermaga Lantamal X, Jayapura, Rabu (22/7/2020).

Dalam latihan tersebut, tim VBSS yang terdiri dari tujuh prajurit dari KRI Teluk Hading 538 melaksanakan simulasi Pembebasan tahanan kapal yang sedang di bajak perompak untuk selanjutnya diserahkan ke Lantamal terdekat.

“Tim VBSS adalah sebuah tim kecil memiliki kemampuan pencarian, penyergapan, dan pembebasan kapal dan merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI AL untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut,” kata Komandan KRI Teluk Hading 538 Letkol Laut (P) Roni, M.Tr Hanla.

Ia manambahkan, latihan ini bertujuan untuk membina kemampuan dan profesionalisme prajurit KRI Teluk Hading 538. Dalam mengantisipasi situasi saat melaksanakan tugas operasi di laut.

“Untuk pendalaman materi VBSS dan Keamanan laut dilaksanakan oleh Kepala Departemen Operasi KRI Teluk Hading 538,” imbuh Komandan KRI Teluk Hading 538.

Latihan yang dilaksanakan prajurit KRI Teluk Hading 538 ini sesuai dengan perintah Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M., KRI yang melaksanakan operasi untuk selalu memanfaatkan waktu dengan latihan-latihan guna mengasah kemampuan dan profesionalitas secara individu maupun antar departemen.

“Latihan disela-sela tugas operasi, untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan tempur prajurit dalam menghadapi berbagai ancaman di laut, baik terhadap ancaman kapal permukaan, bawah permukaan, ancaman serangan udara musuh maupun ancaman terhadap pembajakan dan perompakan dilaut” jelas alumni AAL 33 tahun 1988 ini.

KRI Teluk Hading 538 sandar di Dermaga Jayapura, dalam rangka mendukung pemulangan batalion TNI AD yang selesai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan. (Ody – Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s